Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Fisika Siswa SMA Topik Mekanika Berbasis Penyetaraan tanpa Butir Bersama.

Nurjanah, Siti and Supahar, Supahar (2025) Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Fisika Siswa SMA Topik Mekanika Berbasis Penyetaraan tanpa Butir Bersama. S2 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
tesis_siti nurjanah_23070240015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) menghasilkan konstruksi tes kemampuan fisika SMA topik Mekanika pada paket A dan paket B menggunakan validasi isi, validitas konstruk, dan reliabilitas klasik, (2) mengevaluasi kualitas karakteristik butir tes kemampuan fisika SMA topik Mekanika pada paket A dan paket B menggunakan pendekatan teori respons butir, (3) merumuskan persamaan penyetaraan horizontal untuk perangkat tes kemampuan fisika SMA topik Mekanika antara paket A dan paket B dengan menggunakan metode penyetaraan dengan pendekatan teori respons butir, (4) mendeskripsikan profil hasil pengukuran kemampuan fisika peserta didik pada topik Mekanika. Penelitian pengembangan ini meliputi tiga tahap. Tahap perancangan diawali dengan analisis kebutuhan dan literatur, penyusunan perangkat tes, analisis butir melalui validasi isi, dan revisi. Tahap uji coba lapangan melibatkan 497 siswa kelas XI dari tiga SMA negeri di Yogyakarta yang dipilih secara stratified random sampling. Validitas konstruk diuji dengan confirmatory factor analysis (CFA) dan reliabilitas diestimasi menggunakan KR-20. Analisis karakteristik butir dan fungsi informasi tes dilakukan dengan pendekatan teori respons butir (TRB). Penyetaraan horizontal memanfaatkan paket “equateIRT” berbantuan program R melalui metode Haebara, Stocking–Lord, Mean–Mean, Mean–Sigma, dan Mean Geometric-Mean; metode terbaik dipilih berdasarkan nilai Root Mean Square Difference (RMSD) dan nilai agregat. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) dihasilkan dua perangkat tes paralel, masing-masing berisi 30 item pilihan majemuk yang merepresentasikan delapan dimensi; (2) pada setiap paket, 29 item terbukti valid dan reliabel berdasarkan validasi isi, CFA, reliabilitas klasik, serta analisis butir dan fungsi informasi TRB; (3) analisis awal menegaskan kedua paket belum paralel. Konstanta penyetaraan A dan B berturut-turut adalah Haebara (0,824; –0,170), Stocking–Lord (0,991; –0,111), Mean–Mean (1,041; –0,123), Mean–Geometric-Mean (0,993; 0,137), dan Mean–Sigma (1,045; –0,122). Stocking–Lord dipilih sebagai metode terbaik berdasarkan nilai agregat dan kesesuaian kurva karakteristik tes; (4) kemampuan fisika peserta didik pada topik Mekanika tergolong rendah, dengan capaian tertinggi pada subtopik Besaran Gerak dan GLB/GLBB, serta terendah pada Hukum Newton.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: equateIRT, mekanika, metode penyetaraan TRB, penyetaraan tes
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 Nov 2025 07:57
Last Modified: 04 Nov 2025 07:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/88385

Actions (login required)

View Item View Item