Analisis Butir Soal Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Tingkat Sekolah Dasar Negeri Kelas VI se-Kabupaten Bangka Selatan.

Kastara, Reza and Widihastuti, Widihastuti (2025) Analisis Butir Soal Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Tingkat Sekolah Dasar Negeri Kelas VI se-Kabupaten Bangka Selatan. S2 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
tesis_reza kastara_22701251026.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan karakteristik butir soal pada prangkat tes yang digunakan dan (2) mengindentifikasi differential item functioning (DIF) pada prangkat tes penilaian sumatif Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti tingkat sekolah dasar negeri kelas VI se-Kabupaten Bangka Selatan dengan metode Logistic Regression dan Lord’s Chi-Square berdasarkan gender. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Sumber data berupa lembar jawaban dan spreadsheet google form peserta didik sebanyak 2.472 peserta didik, meliputi 1.214 laki-laki dan 1.258 perempuan. Validitas dianalisis melalui Aiken’s V dan Confirmatory Factor Analysis (CFA), koefesien Alpha Cronbach sebesar 0,853. Kualitas prangkat tes dianalisis berdasarkan pendekatan teori tes klasik dan teori respons butir. Pendeteksian DIF pada butir soal berdasarkan gender menggunakan metode Logistic Regression dan Lord’s Chi-Square dengan bantuan program Rstudio dan Excel. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Karakteristik butir soal berdasarkan teori tes klasik menunjukkan 10 butir soal yang memiliki daya pembeda yang baik, 17 butir soal dapat diterima, 12 butir perlu direvisi, dan 1 butir soal tereliminasi. Tingkat kesukaran soal menunjukkan sebanyak 2 butir soal dikatagorikan sulit, 26 butir soal sedang, dan 12 lainnya mudah. Distraktor analsis menunjukkan terdapat tujuh butir soal perlu direvisi. Karakteristik butir soal berdasarkan teori respons butir diestimasi menggunakan model 3PL. Terdapat 33 butir soal dikatagorikan baik dan tujuh butir soal dikatagorikan cukup baik. Adapun fungsi informasi dan standar eror pengukuran menunjukkan prangkat tes dapat digunakan secara tepat digunakan pada Peserta didik yang memiliki kemampuan (θ) yang berada pada rentang kemampuan -3 sampai dengan 3. (2) Hasil pendeteksian muatan DIF berdasarkan gender menggunakan metode Logistic Regression menunjukkan 7 butir soal signifikan memuat DIF, di mana DIF uniform terdeteksi pada butir 8 dan 16 sedangkan DIF nonuniform terdeteksi pada butir 6, 10, 19, 25, dan 29. Penggunaan metode Lord’s Chi-square menunjukan 17 butir soal signifikan memuat muatan DIF, di mana DIF nonuniform berada pada butir 6, 9,10, ,21, 23, 25, 27, 30, 34, dan 39 sedangkan DIF unifrom terdapat pada butir soal 3, 4, 5, 8, 16, 19, dan 20.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: penilaian sumatif, teori tes klasik, teori respons butir
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 Nov 2025 06:56
Last Modified: 04 Nov 2025 06:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/88378

Actions (login required)

View Item View Item