Model Penilaian Keterampilan Membaca Berbasis Diferensiasi untuk Pembelajaran Literasi Bahasa Inggris.

Riandi, Riandi and Suryaman, Maman (2025) Model Penilaian Keterampilan Membaca Berbasis Diferensiasi untuk Pembelajaran Literasi Bahasa Inggris. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
disertasi_riandi_18701261014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pembelajaran literasi membaca bahasa Inggris berbasis diferensiasi, merancang dan mengembangkan model PLADDER sebagai model asesmen literasi membaca bahasa Inggris berbasis diferensiasi yang inovatif, menganalisis kualitas prototipe model, serta mengetahui tingkat implementasi model PLADDER dan penerimaannya oleh guru dan siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) yang mengadopsi pendekatan design and development research (DDR) dari Richey dan Klein (2014), dengan penekanan pada fase desain (perencanaan dan penyusunan) serta pengembangan (produksi, pengujian, dan evaluasi). Pendekatan metode campuran (mixed-methods) digunakan, menggabungkan metode kualitatif dan kuantitatif untuk memastikan pengumpulan dan analisis data yang komprehensif. Fase kualitatif melibatkan analisis kebutuhan melalui wawancara dan diskusi kelompok terfokus (focus group discussions/FGDs) dengan guru untuk memperoleh data mengenai kebutuhan asesmen literasi membaca berbasis diferensiasi. Sementara itu, fase kuantitatif berfokus pada pengujian empiris dan validasi model asesmen, mengukur efektivitas, properti psikometrik (validitas dan reliabilitas), serta dampaknya terhadap performa literasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PLADDER mampu memenuhi kebutuhan model asesmen untuk pembelajaran literasi membaca bahasa Inggris berbasis diferensiasi. Desain model PLADDER (Planning-Differentiating￾Delivering, Evaluating, Reflecting) mengakomodasi kebutuhan guru terhadap kerangka asesmen yang memfasilitasi keberagaman siswa dalam hal kebutuhan belajar, kesiapan belajar, minat, dan profil belajar. Model PLADDER terbukti valid, reliabel, dan praktis berdasarkan penilaian ahli, tanggapan guru, serta hasil uji lapangan. Hasil eksperimen kuasi menunjukkan peningkatan signifikan pada nilai membaca (Cohen’s d = 1,64), yang mengonfirmasi keefektifan model. Skor Alpha Cronbach yang tinggi (0,957 untuk respons guru dan 0,906 untuk siswa) menunjukkan konsistensi internal. Guru memberikan apresiasi terhadap umpan balik terstruktur dan adaptabilitas model, meskipun mengkhawatirkan beban kerja. Siswa menunjukkan peningkatan minat (72% tertarik mempelajari variasi teks baru).

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: asesmen, pembelajaran berdiferensiasi, literasi membaca
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Oct 2025 03:21
Last Modified: 23 Oct 2025 03:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/88235

Actions (login required)

View Item View Item