Pola Penerapan Nilai-Nilai Ahlussunnah Wal-Jama’ah (Aswaja): Penguatan Karakter Islam Moderat Melalui Kegiatan Akademik dan Nonakademik di Perguruan Tinggi

Khalimatus Sadiyah, - and Ajat Sudrajat, - and Rukiyati, - (2025) Pola Penerapan Nilai-Nilai Ahlussunnah Wal-Jama’ah (Aswaja): Penguatan Karakter Islam Moderat Melalui Kegiatan Akademik dan Nonakademik di Perguruan Tinggi. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
fulltext_khalimatus sadiyah_18703264011.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola penerapan nilai-nilai ahlussunnah wal jama’ah (Aswaja) dalam membentuk karakter Islam moderat di Perguruan Tinggi. Fokus penelitian mencakup penerapan nilai-nilai Aswaja di bidang akademik dan nonakademik, serta identifikasi faktor pendukung dan penghambat implementasi nilai-nilai tersebut di Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (PTNU) Jawa Tengah. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi dalam mengembangkan strategi pendidikan berbasis Aswaja untuk memperkuat karakter moderat, toleran, dan berkeadilan di PTNU Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain etnografi, yang dilaksanakan di Universitas Wahid Hasyim (UNWAHAS) Semarang dan Politeknik Balekambang (POLIBANG) Jepara. Subjek penelitian melibatkan pendiri, yayasan, rektor, dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan berdasarkan tahapan yang diusulkan oleh Creswell. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan nilai-nilai Aswaja di bidang akademik dilakukan melalui strategi seperti penguatan ke-Aswaja-an bagi tenaga pendidik dan kependidikan melalui pelatihan rutin, integrasi nilai-nilai Aswaja dalam kurikulum, penerapan metode pembelajaran berbasis dialog dan spiritualitas, serta orientasi mahasiswa baru untuk menanamkan pemahaman Aswaja sejak awal. Dalam bidang nonakademik, pembentukan tradisi keagamaan dan sosial berbasis Aswaja menjadi fokus utama, diwujudkan melalui pembiasaan ibadah dan dzikir rutin, kegiatan keagamaan berkala, tradisi pesantren, serta kegiatan sosial yang berlandaskan prinsip Aswaja. Faktor pendukung penerapan nilai-nilai Aswaja meliputi kebijakan institusi yang berlandaskan Aswaja, dukungan yayasan berafiliasi dengan Nahdlatul Ulama, partisipasi aktif dosen dan mahasiswa, serta keberadaan Aswaja Center. Lingkungan pesantren yang disiplin di POLIBANG dan budaya akademik yang inklusif di UNWAHAS juga menjadi elemen pendukung. Namun, penelitian ini juga menemukan sejumlah hambatan, seperti beragamnya latar belakang mahasiswa, kurangnya pemahaman tentang Aswaja, keterbatasan kontrol dan pengawasan, serta minimnya tenaga pengajar berpengalaman di pesantren. Temuan penelitian ini menawarkan pola strategis yang mengintegrasikan pendekatan akademik dan nonakademik untuk mendukung penerapan nilai-nilai Aswaja yang efektif dan efisien di PTNU Jawa Tengah. Pola ini mencakup penguatan kurikulum berbasis Aswaja, pelatihan berkelanjutan untuk dosen dan tenaga kependidikan, serta pembentukan tradisi keagamaan yang mendukung karakter Islam moderat. Meskipun penelitian ini dilakukan di PTNU, hasilnya sangat relevan untuk institusi pendidikan tinggi lain yang memiliki karakteristik serupa, seperti perguruan tinggi berbasis agama atau yang memiliki visi dan misi untuk mengembangkan karakter moderat dan toleran. Oleh karena itu, pola penerapan ini dapat dijadikan referensi bagi institusi lain dalam memperkuat pendidikan karakter Islam moderat di tengah tantangan keberagaman mahasiswa dan dinamika kehidupan kampus. Kata Kunci: penerapan nilai aswaja, karakter islam moderat, ptnu

Item Type: Thesis (S3)
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 24 Jun 2025 08:16
Last Modified: 24 Jun 2025 08:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/87279

Actions (login required)

View Item View Item