Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Atas.

Ikhsan, Hery Kurniawan Akhmad and Istiyono, Edi (2025) Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Atas. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
disertasi_hery kurniawan akhmad ikhsan_18701261016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan instrumen penilaian karakter dalam mata pelajaran Bahasa Inggris di SMA dengan konstruk yang baik; (2) menguji kualitas instrumen penilaian karakter dalam mata pelajaran bahasa Inggris di SMA; dan (3) mengukur profil karakter peserta didik dalam pembelajaran bahasa Inggris di SMA. Penelitian ini merupakan research and development (R&D) menggunakan model penelitian pengembangan dari Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta. Sampel untuk skala terbatas 520 dan skala luas 695 siswa Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Bantul. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner. Instrumen dianalisis dengan uji validitas isi ( V-Aiken) dan uji validitas konstruk (Confirmatory Factor Analysis). Hasil penelitian ini adalah: (1) konstruk karakter terdiri atas empat aspek yakni kreatif, mandiri, ingin tahu, dan komunikatif. Instrumen terdiri atas 50 butir pernyataan self-assessment dengan menggunakan Graded Response Model sebagai pilihan jawaban. (2) uji kualitas instrumen dengan analisis validitas isi oleh lima orang expert, dengan V-Aiken total sebesar 0,985. Hasil analisis CFA menunjukkan nilai loading factor pada tiap-tiap butir > 0,4 dan model pengukuran karakter siswa yang disusun fit dengan model yang diteorikan dengan pembuktian hasil nilai p-values = 0,372; CFI = 0,998; TLI = 0,998; RMSEA = 0,010; SRMR = 0,026 dengan hasil reliabilitas butir-butir dalam tiap dimensi/faktor > 0,7. (3) Hasil pengukuran profil karakter siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris menunjukkan bahwa profil karakter peserta didik sebanyak 65,61% berkembang, 24,32% mulai berkembang, 9,64% memerlukan bimbingan, serta 0,43% membudaya

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Bahasa Inggris, karakter, pengembangan instrumen, penilaian
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 02 Jul 2025 07:46
Last Modified: 02 Jul 2025 07:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/87044

Actions (login required)

View Item View Item