PENGARUH PENERAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP LOYALITAS NASABAH DENGAN CITRA PERBANKAN DAN SIKAP NASABAH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Kasus pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Bantul)

DEVIANA, RAHMASARI (2012) PENGARUH PENERAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP LOYALITAS NASABAH DENGAN CITRA PERBANKAN DAN SIKAP NASABAH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Kasus pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Bantul). S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover -08412141039.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 -08412141039.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 -08412141039.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 -08412141039.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran -08412141039.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Citra Perbankan (2) pengaruh Penerapan CSR terhadap Sikap Nasabah (3) pengaruh Citra Perbankan terhadap Loyalitas Nasabah (4) pengaruh Sikap Nasabah terhadap Loyalitas Nasabah (5) Pengaruh Penerapan CSR terhadap Loyalitas Nasabah (6) pengaruh Penerapan CSR terhadap Loyalitas Nasabah dengan Citra Perbankan dan Sikap Nasabah sebagai Variabel Intervening. Populasi penelitian ini adalah seluruh nasabah PT BRI (Persero) Tbk. Cabang Bantul. Teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah purposive sampling dengan sampel 100 responden. Variabel dalam penelitian ini adalah Penerapan CSR (X1), Citra Perbankan (X2), Sikap Nasabah (X3), dan Loyalitas Nasabah. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Uji validitas instrumen menggunakan teknik product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji asumsi klasik meliputi uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, dan uji heterokedastisitas. Uji hipotesis mengggunakan analisis regresi sederhana, analisis regresi berganda, dan analisis jalur (path analysis). Berdasarkan hasil analisis regresi pada taraf signifikan 5% menunjukkan (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan Penerapan CSR terhadap Citra Perbankan dengan R=0,204 dan nilai R2=0,042, serta diperoleh thitung 2,064 lebih besar dari ttabel 1,9842, (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Penerapan CSR terhadap Sikap Nasabah dengan R=0,251 dan nilai R2=0,063, serta diperoleh thitung 2,566 > ttabel 1,9842, (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan Citra Perbankan terhadap Loyalitas Nasabah dengan nilai standardized coefficients beta sebesar 0,243 (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan Sikap Nasabah terhadap Loyalitas Nasabah dengan standardized coefficients beta sebesar 0,310, (5) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Penerapan CSR terhadap Loyalitas Nasabah dengan nilai standardized coefficients beta positif sebesar 0,393, (6) Variabel CSR dapat secara langsung berpengaruh terhadap Loyalitas Nasabah maupun secara tidak langsung melalui Citra Perusahaan dan Sikap Nasabah. Besarnya pengaruh langsung adalah sebesar 0,393 dan pengaruh tidak langsung sebesar 0,127 sehingga pengaruh yang sebenarnya adalah pengaruh langsung variabel Penerapan CSR terhadap Loyalitas Nasabah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi > Akuntansi
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 13 Dec 2012 00:55
Last Modified: 29 Jan 2019 17:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8677

Actions (login required)

View Item View Item