PENGEMBANGAN BLOG SEBAGAI SUMBER BELAJAR GEOGRAFI POKOK BAHASAN BIOSFER UNTUK SISWA SMA KELAS XI IPS

Novia Ainul, Izza (2012) PENGEMBANGAN BLOG SEBAGAI SUMBER BELAJAR GEOGRAFI POKOK BAHASAN BIOSFER UNTUK SISWA SMA KELAS XI IPS. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1 - 07405241037.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 - 07405241037.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 - 07405241037.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 - 07405241037.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - 07405241037.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk: menghasilkan blog sebagai sumber belajar geografi pada pokok bahasan biosfer yang layak untuk siswa SMA kelas XI IPS, berdasarkan penilaian atau validasi ahli materi, ahli media, guru mata pelajaran geografi dan Siswa SMA kelas XI IPS. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development/R&D), produk yang dihasilkan berupa blog dengan materi biosfer. Validasi terhadap media dilakukan secara bertahap yaitu tahap I oleh ahli materi dan ahli media, sehingga menghasilkan revisi pengembangan tahap pertama. Tahap II oleh dua guru mata pelajaran geografi SMA, sehingga menghasilkan revisi pengembangan tahap kedua, dan tahap III uji coba terhadap 32 Siswa kelas XI IPS 2 di MAN 1 Yogyakarta dan 30 Siswa kelas XI IPS 1di SMA N 2 Yogyakarta yang menghasilkan revisi pengembangan tahap ketiga serta menganalisis produk yang telah dinilai dan direvisi, sehingga menghasilkan produk akhir berupa blog dengan materi biosfer. Alat pengambilan data berupa angket penilaian yang berbeda untuk masing-masing subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pengembanagan blog sebagai sumber belajar geografi pada pokok bahasan biosfer layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Terbukti ahli materi menilai baik dengan rerata skor 3,89. Ahli media menilai sangat baik dengan rerata skor 4,56. Guru mata pelajaran geografi menilai sangat baik dengan rerata skor 4,14. Siswa SMA kelas XI IPS yaitu 32 siswa SMA kelas XI IPS di MAN 1 Yogyakarta menilai sangat baik dengan rerata skor 4,21 dan 30 siswa SMA kelas XI IPS di SMA N 2 Yogayakarta menilai sangat baik dengan rerata skor 4,11. Secara umum, sumber belajar berupa blog dengan materi biosfer yang dikembangkan dinilai layak digunakan sebagai sumber belajar dan juga dalam pembelajaran di kelas. Kata Kunci : blog, sumber belajar geografi, biosfer.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: blog, sumber belajar geografi, biosfer.
Subjects: Ilmu Sosial > Geografi
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Geografi
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 13 Dec 2012 00:54
Last Modified: 29 Jan 2019 17:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8675

Actions (login required)

View Item View Item