Apino, Ezi and Retnawati, Heri (2025) Model Asesmen Literasi Statistik Mahasiswa Pendidikan Matematika. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.
![]() |
Text
disertasi_ezi apino_21701261058.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan model asesmen literasi statistik untuk mahasiswa pendidikan matematika, (2) mendeskripsikan kualitas model asesmen literasi statistik mahasiswa pendidikan matematika, dan (3) mendeskrip- sikan profil literasi statistik mahasiswa pendidikan matematika setelah mengguna- kan model asesmen yang dikembangkan. Prosedur penelitian dan pengembangan terdiri dari tiga tahapan utama: studi pendahuluan, pengembangan model asesmen, dan uji coba. Kualitas model ases- men dievaluasi berdasarkan aspek validitas, kepraktisan, efisiensi, dan sifat psi- kometri instrumen pengukuran. Bukti validitas model diperoleh dari judgement pakar dan praktisi di bidang pendidikan statistika dan pengukuran. Uji coba tahap pertama (uji instrumen) dilakukan dengan melibatkan 1446 mahasiswa sarjana pendidikan matematika dari 22 perguruan tinggi di Indonesia. Implementasi model melibatkan 575 mahasiswa dan 10 dosen pendidikan matematika dari sembilan perguruan tinggi di Indonesia. Bukti kepraktisan diperoleh dari penilaian dosen pengguna dan mahasiswa setelah menggunakan model. Bukti efisiensi model diperoleh dari hasil penilaian dosen pengguna setelah mengimplementasikan model asesmen. Sifat psikometri instrumen dievaluasi berdasarkan validitas isi dan konstruk, estimasi reliabilitas, kalibrasi butir menggunakan IRT multidimensi, dan deteksi DIF. Profil literasi statistik dianalisis secara umum dan berdasarkan jenis kelamin (laki-laki vs perempuan), jenis perguruan tinggi (umum vs keagamaan), dan wilayah (Sumatera, Jawa, dan Sulawesi-NTB). Prosedur MANOVA digunakan untuk menguji perbedaan literasi statistik mahasiswa ditinjau dari jenis kelamin, jenis perguruan tinggi, dan wilayah. Penelitian dan pengembangan menghasilkan produk berupa model asesmen literasi statistik mahasiswa pendidikan matematika (MALISTIKA). MALISTIKA dikemas dalam buku model yang memuat komponen meliputi: kerangka kerja (framework) asesmen, instrumen pengukuran, tes online dan panduannya, aplikasi penskoran otomatis berbasis IRT multidimensi dan panduannya, dan panduan inter- pretasi profil literasi statistik. Kerangka kerja asesmen dinilai “valid” oleh pakar dan praktisi. Instrumen pengukuran memperoleh bukti validitas isi (V-Aiken = 0,94), bukti validitas konstruk (p–χ2 = 0,135; RMSEA = 0,02), koefisien reliabilitas tes sebesar 0,92, sebagian besar butir memiliki parameter tingkat kesukaran ideal (–2 ≤ b ≤ 2), semua butir memiliki parameter daya beda ideal (0,028 hingga 1,049), dan 17 dari 20 butir tidak terdeteksi DIF berdasarkan jenis kelamin, dan 14 dari 20 butir tidak terdeteksi DIF berdasarkan wilayah. Tes online literasi statistik beserta panduannya, aplikasi penskoran beserta panduannya, dan panduan interpretasi hasil asesmen dinilai valid oleh pakar dan praktisi, praktis dan efisien oleh pengguna. Profil literasi statistik mahasiswa pendidikan matematika (n = 575) menunjukkan rata-rata skor komposit 54,74 (min. = 16,65; max. = 100) di mana sebagian besar mahasiswa berada pada level “Dasar” (51,48%) dan “Mulai Berkembang” (35,30%), hanya 10,26% yang mencapai level “Cakap” dan 0,87% yang mencapai level “Mahir”. Terdapat perbedaan signifikan literasi statistik mahasiswa ditinjau dari jenis kelamin (rata-rata laki-laki lebih unggul daripada perempuan) dan wilayah (rata-rata mahasiswa dari pulau Jawa lebih unggul dari pada Sumatera dan Sulawesi-NTB), namun tidak ditemukan perbedaan signifikan literasi statistik mahasiswa ditinjau dari tipe perguruan tinggi.
Item Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | literasi statistik, model asesmen, multidimensional IRT, pendidikan matematika, pendidikan statistika |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Tinggi Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika Pendidikan > Evaluasi Pendidikan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 05 May 2025 02:14 |
Last Modified: | 05 May 2025 02:14 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86745 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |