Nurhayati, Riana and Suranto, Suranto (2024) Model Evaluasi Kebijakan Sekolah Ramah Anak (EKSARAM) di Sekolah Dasar. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.
![]() |
Text
disertasi_riana nurhayati_21701261034.pdf Restricted to Registered users only Download (14MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) Menghasilkan model evaluasi kebijakan sekolah ramah anak (EKSARAM) di sekolah dasar, (2) mengungkap kualitas model yang dikembangkan tersebut, dan (3) mendeskripsikan hasil model tersebut di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang merujuk pada pendekatan Borg dan Gall dengan menyederhanakan 10 tahapannya menjadi tiga tahap, yaitu studi pendahuluan, perancangan dan pengembangan model, dan interpretasi hasil uji coba model. Model ini mencakup lima aspek yaitu assesment context (context), sumber daya (resources), proses pengelolaan (process), budaya sekolah ramah anak (product), dan improvement. Responden penelitian yaitu kepala sekolah, guru, siswa dan orang tua Pengumpulan data menggunakan angket dan melalui focus group discussions. Analisis data secara kuantitatif menggunakan Exploratory Factor Analysis, program SPSS 25 statistics, dan Confirmatory Factor Analysis dengan LISREL 8.50 for windows. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Desain model EKSARAM yang dihasilkan secara empirik memenuhi kriteria fit model. Model tersebut meliputi buku model, instrumen, dan buku panduan model. (2) Model tersebut dinyatakan memiliki kualitas kelayakan yang baik, dengan rincian: buku model, buku panduan dan instrumen tergolong sangat baik. Hasil validitas isi model tergolong validitas baik, hasil validitas konstruk instrumen EKSARAM dengan EFA pada seluruh aspek tergolong valid. Instrumen EKSARAM dengan CFA mendapatkan hasil uji model yang fit, reliabilitas instrumen termasuk reliabel. (3) Deskripsi hasil evaluasi pada setiap aspek menunjukkan kategori yang berbeda-beda sesuai dengan aspek yang diisi oleh masing-masing responden. Sehingga, model EKSARAM yang dikembangkan merupakan model yang mudah dan sederhana dalam penggunaannya, dapat memberikan informasi yang rinci pada setiap aspeknya, utuh, dan komprehensif tentang kebijakan sekolah ramah anak di sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kebijakan, model evaluasi, sekolah dasar, sekolah ramah anak |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Evaluasi Pendidikan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 05 May 2025 01:31 |
Last Modified: | 05 May 2025 01:31 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86744 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |