Akbar, Reza Oktiana and Retnowati, Trie Hartiti (2024) Penilaian Diagnostik Pengetahuan Profesional Mahasiswa Pendidikan Matematika Berbasis IoT. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.
|
Text
disertasi_reza oktiana akbar_17701261008.pdf Restricted to Registered users only Download (13MB) |
Abstract
Penilaian pengetahuan profesional mahasiswa pendidikan matematika yang komprehensif dan berbasis teknologi sangat diperlukan untuk mengetahui sejauhmana tingkat penguasaan pengetahuan profesional mereka, kekurangan dan kelemahan mereka terkait pengetahuan tersebut, dan bagaimana cara mengatasinya. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menemukan konstruksi penilaian diagnostik pengetahuan profesional mahasiswa pendidikan matematika berbasis IoT, 2) Memperoleh deskripsi fungsionalitas penilaian diagnostik pengetahuan profesional mahasiswa pendidikan matematika berbasis IoT yang berhasil dikembangkan, 3) Memperoleh deskripsi performansi penilaian diagnostik pengetahuan profesional mahasiswa pendidikan matematika berbasis IoT yang berhasil dikembangkan, 4) Memperoleh deskripsi hasil estimasi penilaian diagnostik pengetahuan profesional mahasiswa pendidikan matematika berbasis IoT yang berhasil dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan merupakan modifikasi dari model 4D, meliputi Pendefinisian, Perancangan, Pengembangan dan Penyebarluasan, diintegrasikan dengan tahap pengembangan tes dari Oriondo & Dallo–Antonio, meliputi perencanaan tes; ujicoba tes; penentuan validitas dan reliabilitas, serta interpretasi skor tes. Subjek Uji Coba tes lapangan awal melibatkan 207 mahasiswa tadris matematika dan subjek uji coba tes luas melibatkan 310 mahasiswa tadris matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon, uji fungsional dan performance sistem IoT melibatkan 33 mahasiswa, 3 orang dosen dan 3 orang praktisi dan uji implementasi tes diagnostik melibatkan 30 mahasiswa Pendidikan matematika. Teknik pengumpulan data meliputi studi dokumentasi, metode Delphi, kuesioner dan tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar soal tes CK dan PCK dalam perangkat IoT berupa CBT, lembar kuesioner uji fungsional dan uji performance perangkat IoT serta perangkat IoT untuk analisis ekspresi wajah. Teknik analisis data meliputi: analisis indeks validitas isi dengan indeks Aiken, analisis validitas konstruk dengan analisis faktor konfirmatori, analisis soal dengan teori tes klasik dan teori respons butir, analisis data metode Delphi dengan teknik analisis kualitatif, analisis data uji fungsional dan performance dengan analisis deskriptif kuantitatif, analisis uji akurasi perangkat IoT pengenal ekspresi wajah dengan menggunakan matriks konfusi dan analisis hasil penilaian diagnostic dengan analisis deskriptif kuantitatif dan analaisis statistik inferensial dengan menggunakan uji regresi logistik. Penelitian ini menghasilkan konstruksi penilaian diagnostik pengetahuan profesional mahasiswa pendidikan matematika, yang terdiri dari butir-butir tes diagnostik miskonsepsi pengetahuan konten dan pengetahuan konten pedagogis. Penelitian ini menghasilkan sistem IoT yang terdiri dari CBT dan alat pengenalan ekspresi wajah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem IoT memiliki fungsionalitas dan performance yang baik, memberikan umpan balik yang komprehensif dan cepat terhadap hasil tes serta ekspresi wajah mahasiswa dalam mengikuti tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekspresi wajah negatif seperti sedih, cemas, dan bingung berkorelasi signifikan dengan hasil tes yang lebih rendah, sedangkan ekspresi positif seperti senang dan fokus berkorelasi dengan hasil tes yang lebih baik. Penelitian ini menghasilkan suatu penilaian diagnostik berbasis IoT dengan validitas dan reliabilitas yang tinggi. Hasil penilaian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa memiliki kelemahan dalam pengetahuan konten pedagogis. Penilaian ini juga mengidentifikasi beberapa area pengetahuan konten yang perlu ditingkatkan.
| Item Type: | Thesis (S3) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Penilaian Diagnostik, Pengetahuan Profesional, Pendidikan Matematika, Internet of Things (IoT), Ekspresi Wajah, Confirmatory Factor Analysis (CFA). |
| Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Tinggi Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika Pendidikan > Evaluasi Pendidikan |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan |
| Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
| Date Deposited: | 29 Apr 2025 08:10 |
| Last Modified: | 29 Apr 2025 08:10 |
| URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86733 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
