Pengembangan Model Pembelajaran Praktik Mata Kuliah “Image Processing” Pada Program Diploma Program Studi Teknik Informatika.

Mangiri, Herry Sulendro and Sofyan, Herminarto (2024) Pengembangan Model Pembelajaran Praktik Mata Kuliah “Image Processing” Pada Program Diploma Program Studi Teknik Informatika. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
disertasi_herry sulendro mangiri_22702261016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78MB)

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini sangat pesat, hal ini memicu dunia Pendidikan untuk melakukan inovasi dalam pembelajaran yang seiring kebutuhan dunia Industri. Inovasi tersebut berupa model pembelajaran mata kuliah Image Processing. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menghasilkan model pembelajaran praktik mata kuliah Image Processing; (2) mengetahui kelayakan model pembelajaran praktik mata kuliah Image Processing; (3) mengetahui keefektifan model pembelajaran praktik mata kuliah Image Processing, yang berlangsung Pada Program Diploma Program Studi Teknik Informatika. Untuk model peneltian adalah model R & D dengan menggunakan model pengembangan Four-D (4D) yang tahapannya sebagai berikut: (1) pendefinisian; (2) perancangan; (3) pengembangan; (4) desiminasi. Pada Instrumen pengumpulan data meliputi kuisioner dan pedoman wawancara, sedangkan untuk analisis data menggunakan anlisis kuantitatif. Uji coba dilakukan kepada 16 Mahasiswa dengan dua orang validator ahli media dan ahli materi. Produk hasil penelitian pengembangan model pembelajaran praktik mata kuliah Imaga Processing meliputi: (1) sintak model Pembelajaran Praktik, Rencana Pembelajaran Praktik, Silabus, Bahan Ajar, job Sheet dan alat praktik; (2) analisis uji kelayakan terhadap model pembelajaran praktik oleh validator ahli 1 menunjukkan skor sebesar 80,00 dengan pencapaian persentase sebesar 80% termasuk dalam kategori layak,sedangkan oleh validator 2 kategori sangat layak dengan skor 86,00 pencapaian persentase sebesar 86%. Skor rerata sebesar 83,00 dengan persentase pencapaian sebesar 83% termasuk dalam kategori layak; (3) Analisis data dari uji keefektifan model pembelajaran praktik hasil penelitian menunjukkan bahwa 12,5% termasuk dalam kategori cukup efektif, 25% termasuk dalam kategori efektif, sedangkan 62,5% termasuk dalam kategori sangat efektif

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Image Processing, Model Pembelajaran Praktik
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Teknik & Teknologi > Teknik Informatika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 24 Apr 2025 03:25
Last Modified: 24 Apr 2025 03:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86611

Actions (login required)

View Item View Item