UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VII A MATA PELAJARAN IPS MELALUI METODE GUIDED NOTE TAKING DI SMP N 1 MLATI

Hani, Ambarwati (2012) UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VII A MATA PELAJARAN IPS MELALUI METODE GUIDED NOTE TAKING DI SMP N 1 MLATI. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1 - 08416241036.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 - 08416241036.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 - 08416241036.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 - 08416241036.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LMAPIRAN - 08416241036.pdf

Download (25MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena bahwa pembelajaran IPS yang cenderung monoton dan kurang menarik. Agar pembelajaran IPS menjadi lebih menarik perlu variasi metode pembelajaran, salah satunya adalah metode Guided Note Taking. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan aktivitas belajar IPS melalui metode Guided Note Taking pada siswa kelas VII A SMP N 1 Mlati. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Mlati tahun ajaran 2011/2012 dengan jumlah siswa yaitu 36. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi metode. Penelitian ini dilakukan dua siklus dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi, catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran IPS dengan metode Guided Note Taking dapat meningkatkan motivasi belajar. Peningkatan motivasi belajar dibuktikan dengan data yang diperoleh berdasarkan hasil angket yaitu motivasi pra tindakan adalah 59 %, mengalami peningkatan pada siklus I 74%, dan siklus II menjadi 84%; (2) Pembelajaran IPS dengan menggunakan metode Guided Note Taking dapat meningkatkan aktivitas belajar. Peningkatan aktivitas belajar ini dibuktikan dengan hasil obsevasi menunjukkan pada siklus I rata-rata persentase indikator aktivitas belajar siswa ada lah 57%. Pada siklus II menjadi 80% atau mengalami peningkatan sebesar 23 %. Dengan demikian, maka penerapan metode Guided Note Taking dapat meningkatkan motivasi dan aktivitas belajar siswa kelas VII A SMP N 1 Mlati. Kata kunci: Motivasi Belajar, Aktivitas Belajar, Pembelajaran IPS, Metode Guided Note Taking

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Aktivitas Belajar, Pembelajaran IPS, Metode Guided Note Taking
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 11 Dec 2012 03:22
Last Modified: 29 Jan 2019 17:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8606

Actions (login required)

View Item View Item