MENINGKATKAN SIKAP PLURALITAS MELALUI PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISTIK PADA SISWA KELAS VA SD NEGERI TAMANAN I KECAMATAN KALASAN TAHUN AJARAN 2011/2012

Alviyatun Endah, Saputri (2012) MENINGKATKAN SIKAP PLURALITAS MELALUI PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISTIK PADA SISWA KELAS VA SD NEGERI TAMANAN I KECAMATAN KALASAN TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover - 08108241013.pdf

Download (656kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 - 08108241013.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 - 08108241013.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 - 08108241013.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran - 08108241013.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan sikap pluralitas siswa kelas VA SD Negeri Tamanan I Kecamatan Kalasan dengan menggunakan pendekatan konstruktivistik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas tipe kolaboratif. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VA SD Negeri Tamanan I Kecamatan Kalasan yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Tanggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus tindakan. Masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Pada setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah angket, observasi, dan wawancara. Sebelum digunakan dalam penelitian, angket divalidasi secara empirik dan expert judgment. Reliabilitas angket dihitung menggunakan alpha cronbach. Data hasil observasi dan wawancara dianalisis secara deskriptif kualitatif sementara angket dianalisis secara kuantitatif persentase. Hasil penelitian pra tindakan menunjukkan bahwa sikap pluralitas siswa rendah. Skor rata-rata kelas baru mencapai 56 dan persentase ketuntasannya adalah 53,3%. Guru melakukan tindakan menggunakan pendekatan konstruktivistik yang memvariasikan berbagai metode pembelajaran pada siklus I, nilai rata-rata kelas menjadi 66 dan persentase ketuntasan meningkat menjadi 60,0%. Guru melakukan perbaikan pembelajaran konstruktivistik yang disertai pemberian dorongan untuk aktif bertanya, umpan balik, penguatan, dan pembagian kelompok secara acak pada siklus II, sikap pluralitas siswa semakin meningkat. Nilai rata-rata kelasnya meningkat menjadi 70 dan persentase ketuntasan meningkat menjadi 80,0%. Kata kunci : Sikap Pluralitas dan pendekatan pembelajaran konstruktivistik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Sikap Pluralitas dan pendekatan pembelajaran konstruktivistik.
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 11 Dec 2012 03:19
Last Modified: 29 Jan 2019 17:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8600

Actions (login required)

View Item View Item