PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CTL) DI KELAS VII C SMP MATARAM KASIHAN BANTUL

Feri, Sofiyantiningsih (2012) PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CTL) DI KELAS VII C SMP MATARAM KASIHAN BANTUL. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1 - 07401241016.pdf

Download (716kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 - 07401241016.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 - 07401241016.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 - 07401241016.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - 07401241016.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kualitas proses pendidikan karakter pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan menggunakan strategi pembelajaran kontekstual (CTL) di SMP Mataram Kasihan Bantul. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui peningkatan kualitas hasil pendidikan karakter pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan strategi pembelajaran kontekstual (CTL) di SMP Mataram Kasihan Bantul. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Mataram Kasihan Bantul pada bulan Mei sampai Juni 2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMP Mataram Kasihan Bantul. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran kontekstual (CTL) dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil pendidikan karakter pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Peningkatan kualitas proses pendidikan karakter ditunjukkan dengan adanya peningkatan prosentase aktivitas siswa dari siklus 1 ke siklus II yaitu: (1) mendengarkan meningkat sebesar 35,71%, (2) mengamati meningkat sebesar 25%, (3) mencatat meningkat sebesar 42,86%,(4) bertanya meningkat sebesar 14,29%, (5) mengungkapkan pendapat meningkat sebesar 39,29%, (6) bekerja sama meningkat sebesar 32,14%, (7) mengerjakan perintah guru meningkat sebesar 39,28%, (8) tampil di kelas meningkat sebesar 17,85%. Peningkatan kualitas hasil pendidikan karakter ditunjukkan dengan adanya peningkatan prosentase tampilnya karakter siswa dan hasil belajar PKn siswa. Peningkatan prosentase karakter yang tampil selama proses pembelajaran dari siklus 1 ke siklus II yaitu: (1) kesadaran akan hak dan kewajiban diri meningkat sebesar 39,27%, (2) menghargai keberagaman meningkat sebesar 32,15%, (3) demokratis meningkat sebesar 39,29%, (4) tanggung jawab meningkat sebesar 35,72%, (5) kemandirian meningkat sebesar 10,72%, (6) keingintahuan meningkat sebesar 39,28%. Peningkatan kualitas hasil belajar PKn ditunjukkan dengan peningkatan rata-rata nilai post tes pada siklus I sebesar 69,18 sedangkan pada siklus II sebesar 83,68.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Perpustakaan
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 11 Dec 2012 03:16
Last Modified: 29 Jan 2019 17:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8594

Actions (login required)

View Item View Item