APLIKASI COOPERATIVE LEARNING MODEL STAD UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN SENI MUSIK (PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 3 PONTIANAK)

YUNI, LISTIARINI (2012) APLIKASI COOPERATIVE LEARNING MODEL STAD UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN SENI MUSIK (PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 3 PONTIANAK). S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1-06208241001.pdf

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1-06208241001.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2-06208241001.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5-06208241001.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN-06208241001.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan proses aplikasi Cooperative Learning Model STAD untuk meningkatkan kualitas pembelajaran seni musik. (2) Mendeskripsikan hasil aplikasi Cooperative Learning Model STAD untuk meningkatkan kualitas pembelajaran seni musik. (3) Untuk mendeskripsikan faktor faktor yang berpengaruh pada pelaksanaan Cooperative Learning Model STAD untuk meningkatkan kualitas pembelajaran seni musik siswa. Metode Penelitian ini adalah Class room action research atau penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan masing-masing siklus 2 pertemuan. Class room action research mampu menumbuhkan kapasitas individu dan kapasitas sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran seni musik secara berkelanjutan. Pelaksanaan penelitian dengan cooperative learning model STAD pada pembelajaran seni musik ini meliputi; (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Hasil dari penelitian ini adalah, pembelajaran kooperatif (cooperative learning) model STAD dikembangkan dalam diskusi dan komunikasi, yaitu (1) guru pada saat itu sebagai fasilitator dan siswa dapat saling berbagi kemampuan, siswa belajar berfikir kritis, menumbuhkembangkan sifat sosial dan kerjasama, dan saling menilai kemampuan dan peranan diri sendiri maupun teman lain. (2) Hasil pembelajaran Cooperative learning model STAD dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan pembelajaran lebih aktif, kreatif, berprestasi, dan menyenangkan. (3) berdampak bagi siswa menjadi kompak, kerjasama, dan bertanggung jawab. Faktor pengaruh guru terciptanya interaktif antara guru dan siswa atau sebaliknya, mengetahui karakteristik dan kemampuan siswa secara mendalam, dan kreatifitas guru dalam pembelajaran yang variatif. Dan faktor sekolah memberikan dukungan penuh sehingga terciptanya pembelajaran lebih kondusif.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 07 Dec 2012 01:26
Last Modified: 29 Jan 2019 17:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8506

Actions (login required)

View Item View Item