NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MATERI PEMBELAJARAN SASTRA BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK BAHASA INDONESIA KELAS VII SMP

SUSRI, WURYANI (2012) NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MATERI PEMBELAJARAN SASTRA BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK BAHASA INDONESIA KELAS VII SMP. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1-07201244032.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1-07201244032.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2-07201244032.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5-07201244032.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN-07201244032.pdf

Download (828kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wujud nilai pendidikan karakter dalam materi pembelajaran sastra buku sekolah elektronik bahasa Indonesia kelas VII SMP dan mendeskripsikan teknik penyampaian nilai pendidikan karakter dalam materi pembelajaran sastra buku sekolah elektronik bahasa Indonesia kelas VII SMP. Sumber data dalam penelitian ini adalah materi pembelajaran sastra yang berupa wacana sastra pada buku sekolah elektronik bahasa Indonesia kelas VII SMP. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui pembacaan dan pencatatan, sedangkan instrument penelitiannya adalah humant instrument. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif, melalui langkah-langkah identifikasi data, kategorisasi data sesuai fokus penelitian, penyajian data, dan inferensi data. Keabsahan data diperoleh melalui ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pengecekan teman sejawat. Hasil penelitiannya adalah sebagai berikut. Pertama, terdapat 15 wujud nilai pendidikan karakter yaitu kerja keras, peduli sosial, religius, rasa ingin tahu, disiplin, kreatif, tanggung, bersahabat, demokratis, menghargai, semangat, cinta tanah air, jujur, cinta damai, dan mandiri. Kedua, teknik penyampaian nilai pendidikan karakter yaitu teknik penyampaian tidak langsung dan teknik penyampaian langsung. Teknik penyampaian tidak langsung melalui perbuatan tokoh dan peristiwa yang dialami tokoh, sedangkan teknik penyampaian secara langsung melalui pengarang dan melalui tokoh. Bentuk penyampaian secara tidak langsung lebih banyak digunakan. Hal ini dimaksudkan agar pembaca menemukan sendiri nilai pendidikan karakter dalam wacana sastra buku sekolah elektronik bahasa Indonesia yang terkandung didalamnya, sehingga pembaca menerapkan nilai tersebut berdasarkan pemikirannya sendiri dan merealisasikan dalam kehidupan sehari-harinya.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 06 Dec 2012 01:53
Last Modified: 29 Jan 2019 17:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8497

Actions (login required)

View Item View Item