Arief, Ardian and Surjono, Herman Dwi (2024) Model Pelatihan Sariswara Berbasis Blended Learning untuk Meningkatkan Kompetensi Seni Musik Guru Sekolah Dasar di Yogyakarta. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.
![]() |
Text
disertasi_ardian arief_19703261014.pdf Restricted to Registered users only Download (74MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1)mengembangkan model pelatihan Sariswara berbasis blended learning (SbBL) untuk meningkatkan kompetensi seni musik guru SD; (2)mengukur validitas & kelayakan model pelatihan Sariswara berbasis blended learning (SbBL) yang valid dan layak untuk meningkatkan kompetensi seni musik guru SD; (3)mengetahui efektivitas model pelatihan Sariswara berbasis blended learning (SbBL) untuk meningkatkan kompetensi seni musik guru SD; dan (4)mengetahui kepraktisan model pelatihan Sariswara berbasis blended learning (SbBL) untuk meningkatkan kompetensi seni musik guru SD Penelitian ini merupakan penelitian Design & Development Research mengadaptasi desain dari Ellis & Levy. Variabel independen penelitian ini adalah penerapan model SbBL (X), dan variabel dependen adalah kompetensi profesional (Y1) dan kompetensi pedagogi (Y2) guru SD. Validasi rancangan model dilakukan melalui penilaian dan diskusi expert judgment. Uji coba model dilakukan menggunakan quasi experiment non-equivalent pree-test post-test control group design. Uji coba dilaksanakan terhadap Guru SD se-Yogyakarta. Uji coba Perlakuan I terhadap sampel 30 Guru SD, dan Uji coba Perlakuan II 40 orang Guru SD. Data penelitian diperoleh melalui observasi, data kompetensi profesional melalui tes, dan data kompetensi pedagogi melalui angket. Analisis data untuk mengetahui efektifitas melalui uji Mann-Withney U berbantuan SPSS 29. Hasil penelitian adalah: 1)Model Pelatihan SbBL telah dihasilkan dengan komponen sintaks sebagai berikut: (1)orientasi, (2)eksplorasi, (3)sambung rasa, (4)rancang bangun, (5)unjuk karya, (6)penilaian; sistem sosial; prinsip reaksi; sistem pendukung; dan dampak instruksional & pengiring. 2)Validitas model pelatihan SBBL dari ahli teknologi pembelajaran dan model pelatihan sebesar 90,96 dan ahli seni musik dan Sariswara sebesar 84,78. Model pelatihan SbBL dikategorikan layak dan valid. 3)Efektivitas Model pelatihan SbBL pada uji coba perlakuan I memperoleh nilai signifikansi 0,012 berarti < 0,05 masuk pada kategori efektif. Pada Perlakuan II memperoleh nilai signifikansi 0,000 berarti < 0,05 masuk kategori efektif. 4)Kepraktisan oleh instruktur pada Perlakuan I & II memperoleh skor 82,29 pada kategori praktis. Kepraktisan dinilai peserta memperoleh skor 79,03 pada kategori praktis. Respon peserta mendapat skor 87.5 masuk pada kategori respon yang baik. Model ini dapat digunakan dalam pelatihan sebagai cara untuk meningkatkan kompetensi seni guru SD di Yogyakarta secara khusus dan Indonesia secara umum.
Item Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | blended learning, pedagogi, profesional, sariswara, seni musik |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Seni dan Budaya > Seni Musik |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 13 Jan 2025 04:28 |
Last Modified: | 13 Jan 2025 04:28 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84868 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |