Pengembangan Instrumen Skala Kematangan Karier Siswa Sekolah Menengah Atas.

Dianty, Tiara Faniska and Ayriza, Yulia (2024) Pengembangan Instrumen Skala Kematangan Karier Siswa Sekolah Menengah Atas. S2 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
tesis_tiara faniska dianty_22701251017.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Kemampuan dalam memilih karier merupakan salah satu tugas perkembangan yang harus dicapai oleh siswa, tapi banyak siswa memiliki kematangan karier rendah sehingga tidak bisa memilih karier yang sesuai dengan kemampuannya sedangkan pelaksanaan layanan bimbingan karier belum maksimal karena belum ada instrumen untuk melihat kematangan karier siswa. Penelitian ini bertujuan (1) menghasilkan konstruk dan instrumen kematangan karier siswa SMA, (2) mengungkap kualitas instrumen yang dihasilkan tersebut, dan (3) mendeskripsikan profil kematangan karier siswa dengan menggunakan instrumen tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan tahap pengembangan oleh Djemari Mardapi, yang meliputi (1) penentuan spesifikasi instrumen, (2) menulis instrumen, (3) penentuan skala instrumen, (4) penentuan sistem penskoran, (5) telaah instrumen, (6) ujicoba, (7) analisis instrumen, (8) perakitan instrumen, (9) pengukuran, dan (10) penafsiran hasil pengukuran. Sampel pada ujicoba adalah 512 siswa SMA negeri di Kabupaten Aceh Tengah. Pengumpulan data menggunakan kuisoner. Validitas isi dilakukan oleh ahli dengan menggunakan formula Aiken. Validitas konstruk dibuktikan dengan Confirmatory Factor Analysis dan reliabilitas instrumen menggunakan Alpha Cronbach. Karateristik butir dianalisis menggunakan IRT model GRM. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Konstruk instrumen kematangan karier siswa pada awalnya dikembangkan berdasarkan lima dimensi: perencanaan karier, eksplorasi karier, keputusan karier, informasi tentang dunia pekerjaan, dan pengetahuan tentang kelompok pekerjaan yang lebih disukai. Hasil analisis faktor menunjukkan bahwa instrumen yang dikembangkan bersifat unidimensi karena terdapat satu faktor dominan dengan nilai eigen value sebesar 12,501 dengan persentase kumulatif sebesar 37,717%. Jumlah butir yang awalnya 40 menjadi 35 butir karena terdapat 5 butir yang memiliki nilai Aiken yang tidak sesuai dengan kriteria. (2) Instrumen memiliki kualitas yang baik berdasarkan uji validitas isi dengan nilai Aiken ≥ 0,6, validitas konstruk menggunakan CFA menghasilkan nilai loading factor ≥ 0,3, reliabilitas berdasarkan nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0,945, dan analisis IRT menggunakan model GRM. (3) Profil kematangan karier siswa berada pada kategori sangat rendah (0,20%), rendah (29,5%), sedang (41,8%), tinggi (27,5%), dan sangat tinggi (0,98%). Secara keseluruhan, profil kematangan karier siswa berada pada kategori sedang.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: instrumen, kematangan karier, layanan bimbingan karier.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Jan 2025 06:52
Last Modified: 07 Jan 2025 06:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84837

Actions (login required)

View Item View Item