Evaluasi Implementasi Kurikulum Merdeka di Pondok Pesantren Tingkat MTs Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Yunita, Rahmah and Widihastuti, Widihastuti (2024) Evaluasi Implementasi Kurikulum Merdeka di Pondok Pesantren Tingkat MTs Kabupaten Agam, Sumatera Barat. S2 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
tesis_rahmah yunita_22701251015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi Kurikulum Merdeka di pondok pesantren tingkat MTs di Kabupaten Agam, Sumatera Barat pada tahap persiapan, pelaksanaan, dan hasil. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi. Desain penelitian yang digunakan adalah model Countenance Stake dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Evaluasi dilakukan dengan mengumpulkan data komponen penerapan kurikulum dan kemudian dibandingkan dengan standar dari Kementerian Agama. Evaluasi dilaksanakan di Pondok Pesantren MTI Pasir, MTI Candung, Yati Kamang, Ainul Yaqin, dan Darul Makmur. Subjek penelitian ini adalah 234 siswa, 25 guru, dan lima kepala sekolah dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket serta melalui telaah dokumen dan wawancara sebagai alat pendukung. Instrumen divalidasi menggunakan formula Aiken’s V dan Exploratory Factor Analysis. Reliabilitas instrumen diestimasi menggunakan koefisien Cronbach’s Alpha. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komponen dari Countenance Stake berdasarkan persiapan, proses, dan hasil sudah terlaksana dengan baik, namun masih ada beberapa aspek yang belum terlaksana dengan baik dan masih perlu untuk diperbaiki. (1) Implementasi Kurikulum Merdeka pada tahap persiapan SDM, sarana, prasarana, dan kesiapan perangkat memperoleh skor 80,83% dengan kategori baik. (2) Implementasi Kurikulum Merdeka pada tahap pelaksanaan memperoleh skor 74,88% dengan kategori baik. (3) Evaluasi pelaksanaan penilaian hasil belajar menunjukkan pencapaian sebesar 92% dengan kategori sangat baik. Rekomendasi yang dapat diberikan berdasarkan hasil evaluasi adalah instansi sekolah lebih meningkatkan pelatihan implementasi Kurikulum Merdeka terutama dalam penyusunan bahan ajar, pelatihan mengenai pembelajaran yang menggunakan model dan strategi yang bervariasi, dan pelatihan berkaitan dengan peningkatan mutu pendidikan dalam menggunakan IT.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, implementasi, Kurikulum Merdeka
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Dec 2024 05:38
Last Modified: 10 Dec 2024 05:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84608

Actions (login required)

View Item View Item