Indah, Fathiyah and Muhson, Ali (2024) Evaluasi Pelaksanaan Program Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di Sekolah Dasar Penggerak Kabupaten Soppeng. S2 thesis, Sekolah Pascasarjana.
Text
tesis_fathiyah indah_22701251018.pdf Restricted to Registered users only Download (21MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan program Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di Sekolah Dasar Penggerak Kabupaten Soppeng ditinjau dari komponen (1) kesiapan, (2) proses, dan (3) hasil. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi yang menggunakan model Countenance Stake dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Evaluasi dilaksanakan mulai Februari 2024 -Maret 2024 di SDN 5 Mattiropole, SDN 32 Ukke’e, SDN 135 Salebbo Mario, SDN 161 Karya, dan SDN 170 Tanete. Responden dalam penelitian melibatkan 122 siswa dan 35 Guru. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket, telaah dokumen dan wawancara sebagai alat pendukung. Uji validitas isi menggunakan formula Aiken’s V, uji validitas konstruk menggunakan Exploratory Factor Analysis (EFA) dan reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha. Teknik analisis data deskriptif secara kuantitatif dilakukan dengan menghitung nilai mean. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komponen dari Countenance Stake berdasarkan kesiapan, proses dan hasil sudah terlaksana dengan baik, namun masih terdapat hal-hal yang perlu diperbaiki agar mencapai pelaksanaan yang lebih optimal. Hasil evaluasi pelaksanan belum mencapai 100% berdasarkan kriteria yang ditetapkan dalam pedoman program P5. Hasil evaluasi akan menjadi salah satu referensi untuk perbaikan pelaksanaan P5 di sekolah dasar. Adapun rekomendasi yang diberikan antara lain: Fasilitator perlu mengikuti pelatihan ataupun sharing session yang disediakan sebagai wadah pengembangan diri dan merancang pembelajaran yang lebih detail, pemangku kepentingan sebagai pihak pelaksana memberikan sosialisasi pemahaman peran sebagai SDM yang terlibat, dan pemerintah perlu memberikan pengawasan dan memberikan dukungan untuk peningkatan kapasitas SDM secara berkelanjutan.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi Program, P5, Sekolah Dasar Penggerak |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Evaluasi Pendidikan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 04 Dec 2024 02:38 |
Last Modified: | 04 Dec 2024 02:38 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84588 |
Actions (login required)
View Item |