Nanda, Alvin and Putro, Nur Hidayanto Pancoro Setyo (2024) Evaluasi Program Asistensi Mengajar MBKM Pendidikan Bahasa Jepang UMY. S2 thesis, Sekolah Program Pascasarjana.
Text
tesis_alvin nanda_20701251016.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi (1) persiapan, (2) pelaksanaan, dan (3) tahap hasil pada Program Asistensi Mengajar MBKM Prodi Pendidikan Bahasa Jepang, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (Prodi PBJ UMY). Penelitian ini merupakan jenis penelitian evaluasi dengan menggunakan metode campuran model concurrent embedded yang dapat diartikan sebagai campuran tidak seimbang (kualitatif dan kuantitatif) dan menggunakan model evaluasi countenance stake. Subjek penelitian ini adalah lima dosen PBJ UMY selaku dosen pembimbing lapangan (DPL) dan 37 mahasiswa PBJ UMY yang mengikuti program asistensi mengajar MBKM 2023. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan melalui wawancara. observasi, dan dokumen. Instrumen telah divalidasi melalui expert judgment, dan pembuktian reliabilitas menggunakan program SPSS 16.0 yang menghasilkan nilai koefisien sebesar 0,899 untuk angket dosen dan 0.965 untuk angket mahasiswa. Data kuantitatif dianalisis menggunakan deskripsi persentase, dan data kualitatif dianalisis melalui tahapan kondensasi data, paparan data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Komponen persiapan pada program Asistensi mengajar MBKM PBJ UMY sudah sesuai dengan standar program Asistensi Mengajar MBKM PBJ UMY yang menggunakan kurikulum Merdeka Belajar – Kampus Merdeka. (2) Pelaksanaan dalam program Asistensi Mengajar MBKM bedasarkan kriteria yang telah diterapkan ada pada kategori baik sesuai dengan standar program yang telah ditetapkan. (3) Dalam tahap hasil ditemukan bahwa penilaian dan ketercapian mahasiswa masuk dalam kategorisasi cukup baik, yang berarti bahwa program asistensi mengajar telah meningkatkan perkembangan soft skill mahasiswa dalam hal mengajar dan menambah wawasan, dan hal ini tentunya mendukung dan sesuai dengan kompetensi profil lulusan.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | asistensi mengajar, evaluasi, penerapan |
Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa Asing Pendidikan > Evaluasi Pendidikan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 28 Nov 2024 03:53 |
Last Modified: | 28 Nov 2024 03:53 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84508 |
Actions (login required)
View Item |