Tuanaya, Rugaya and Retnawati, Heri (2024) EFEK PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PEMBELAJARAN PADA KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS: SEBUAH STUDI META-ANALYSIS. S2 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
Text
tesis-rugaya tuanaya-21701251035.pdf Restricted to Registered users only Download (13MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efek penggunaan teknologi informasi dalam pembelajaran pada kemampuan berpikir kritis dilihat dari nilai effect size studi yang terpublikasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis meta, dengan desain group contrast dari penelitian eksperimen maupun kuasi-eksperimen yang memiliki kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Database yang digunakan adalah database SCOPUS. Proses penentuan artikel menggunakan metode Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analysis (PRISMA). Pengumpulan data dilakukan dengan menghimpun metadata artikel dengan kata kunci spesifik yang telah ditentukan. Metadata yang diperoleh disortir berdasarkan kriteria inklusi eksklusi. Langkah selanjutnya yakni mengunduh file artikel yang sesuai dengan kriteria. File artikel yang telah terunduh kemudian ditabulasi untuk mendapatkan data statistik yang digunakan dalam perhitungan effect size. Teknik analisis data yang digunakan untuk perhitungan effect size masing-masing studi menggunakan Standardized Mean Difference dan effect size agregat menggunakan Random Effect Model. Keabsahan data dilakukan dengan mencantumkan Digital Object Identifier (DOI) dalam tabel data agar terverifikasi sudah terindeks SCOPUS. Hasil analisis effect size agregat menunjukkan bahwa terdapat efek yang signifikan penggunaan teknologi informasi dalam pembelajaran pada kemampuan berpikir kritis (gRE = 0.28, 95%-CI [-0.08; 0.63], p < 0.01). Effect Size agregat yang diperoleh berada pada kategori “moderat”. Hasil analisis variabel moderator menunjukkan terdapat perbedaan efek yang signifikan ditinjau dari negara (Q = 93,04 dan p-value = 0.000 < α (0,05)), jenjang pendidikan (Q = 427,21 dan p-value = 0.000 < α (0,05)), ukuran sampel (Q = 14,41 dan p-value = 0,000 < α (0,05)), jenis perangkat (Q = 24,92 dan p-value = 0,000 < α (0,05)), media pembelajaran (Q = 310,54 dan p-value = 0,000 < α (0,05)), dan waktu treatment (Q = 12,72 dan p-value = 0,005 < α (0,05)). Variabel moderator tingkatan scopus, sumber publikasi, benua, dan area disiplin ilmu tida terdapat perbedaan efek yang signifikan. Hasil uji bias publikasi menunjukkan meskipun bentuk funnel plot dari studi yang diamati tidak simetris (intercept egger’s test = 3,083 > 1) namun tidak terdapat bias publikasi mengenai studi pengaruh lingkungan belajar virtual terhadap kesuksesan belajar bidang ilmu sosial (nilai Fail Safe N = 10.877 lebih besar dari 5 (122) + 10 = 620).
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis Meta, Critical Thinking Skill, e-Learning, Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi Pendidikan > Evaluasi Pendidikan Pasca Sarjana Penelitian |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 26 Nov 2024 07:28 |
Last Modified: | 28 Nov 2024 03:09 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/83780 |
Actions (login required)
View Item |