LULUK, KRISNAWATI (2012) ANALISIS WACANA IKLAN KESEHATAN PADA MAJALAH FEMME ACTUELLE DENGAN PENDEKATAN MIKRO DAN MAKROSTRUKTURAL. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
|
Text
1-06204241001.pdf Download (544kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1-06204241001.pdf Download (68kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2-06204241001.pdf Download (378kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 5-06204241001.pdf Download (70kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN-06204241001.pdf Download (960kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan piranti kohesi wacana iklan kesehatan pada majalah Femme Actuelle, (2) mendeskripsikan piranti koherensi wacana iklan kesehatan pada majalah Femme Actuelle, dan (3) mendeskripsikan konteks situasi wacana iklan kesehatan pada majalah Femme Actuelle. Data penelitian ini diperoleh dari majalah Femme Actuelle yang terbit pada bulan April 2010 yang meliputi edisi No1332, edisi No1333, dan edisi No1334. Data diperoleh dengan teknik simak bebas libat cakap. Data dianalisis dengan metode agih untuk mendeskripsikan piranti kohesi dan koherensi, dan metode padan referensial untuk mendeskripsikan konteks situasi. Keabsahan data diperoleh melalui validitas isi dan pertimbangan ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wacana iklan kesehatan pada majalah Femme Actuelle adalah wacana yang baik karena mengandung kepaduan makna dan kerapian bentuk. Berdasarkan analisis mikrostruktural diketahui bahwa wacana iklan mengandung kohesi dan koherensi yang bervariasi, yaitu referensi, substitusi, elipsis, konjungsi, repetisi, hiponimi, kolokasi, hubungan makna penambahan, hubungan makna sebab, dan hubungan makna persyaratan dan pengandaian. Berdasarkan analisis makrostruktural diketahui bahwa wacana iklan kesehatan selalu menampilkan foto produk yang dapat menggambarkan produk secara umum. Warna yang dominan adalah biru, hijau, kuning, dan putih. Wacana iklan juga selalu menggunakan ilustrasi yang dapat menjelaskan pesan produk. Judul pada wacana iklan kesehatan mengandung berbagai proposisi yang berbeda, yaitu proposisi yang membangkitkan rasa ingin tahu pada calon konsumen, proposisi berupa pertanyaan yang menuntut perhatian lebih, dan proposisi yang menekankan keuntungan calon konsumen. Semua teks iklan kesehatan memberikan informasi yang lebih khusus dan terperinci dari judul tentang produk.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa Perancis Perpustakaan |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Perancis Perpustakaan |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 05 Dec 2012 03:06 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 17:29 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8341 |
Actions (login required)
View Item |