Irma Irawaty , Simarmata (2012) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA BALOK BERGAMBAR DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA PRANCIS KELAS X SMA NEGERI 10 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
|
Text
1-05204244027.pdf Download (251kB) | Preview |
|
Text
BAB 1-05204244027.pdf Restricted to Registered users only Download (84kB) |
||
Text
BAB 2-05204244027.pdf Restricted to Registered users only Download (633kB) |
||
Text
BAB 5-05204244027.pdf Restricted to Registered users only Download (104kB) |
||
Text
LAMPIRAN-05204244027.pdf Restricted to Registered users only Download (17MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan prestasi yang signifikan antara siswa yang diajar dengan menggunakan media balok bergambar dan yang diajar dengan media konvensional. (2) efektivitas penggunaan media balok bergambar dalam pengajaran keterampilan berbicara bahasa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain pretest- posttest group. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 10 Yogyakarta. Pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sampling dan diperoleh kelas X B sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 34 siswa dan X A sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 siswa. Kelas XC sebagai kelas uji coba instrumen. Data yang diperoleh dari hasil tes keterampilan berbicara. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas isi dan validitas konstruk sedangkan reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan uji-t. Uji-t dilakukan setelah pengujian persyaratan analisis data yang berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil normalitas menunjukkan bahwa sebaran data kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal dan uji homogenitas menunjukkan bahwa data telah memenuhi syarat homogenitas. Analisis data penelitian menggunakan uji-t dapat dilaksanakan. Hasil uji-t terhadap skor post-test menunjukkan bahwa t-hitung 2,505 dengan db= 62 yang kemudian dikonsultasikan dengan nilai t- tabel pada taraf signifikansi 5 % sebesar 1,670. t-hitung sebesar 2,505 > t-tabel 1,670, artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Selain itu juga dapat diketahui mean post-test kelas eksperimen, yaitu 85,12 lebih tinggi dibandingkan mean post-test kelas kontrol, yaitu 79,63. Berdasarkan hasil peningkatan nilai kelas eksperimen yaitu 6, 706 juga lebih tinggi dibandingkan peningkatan nilai kelas kontrol, yaitu 2,033. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media balok bergambar efektif digunakan dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Prancis.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa Perancis Perpustakaan |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Perancis Perpustakaan |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 05 Dec 2012 02:32 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 17:27 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8278 |
Actions (login required)
View Item |