PENGARUH METODE MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN KIMIA TERHADAP KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X MATERI REDUKSI OKSIDASI DI SMA NEGERI 1 SUNGAI RAYA KABUPATEN BENGKAYANG

KARINA, KARINA (2012) PENGARUH METODE MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN KIMIA TERHADAP KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X MATERI REDUKSI OKSIDASI DI SMA NEGERI 1 SUNGAI RAYA KABUPATEN BENGKAYANG. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
COVER - 10708251044.pdf

Download (632kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sungai Raya Kabupaten Bengkayang, tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan kreativitas metode Mind Mapping dan metode ceramah serta mengetahui perbedaan prestasi belajar penggunaan metode Mind Mapping dan metode ceramah dalam pembelajaran kimia terhadap hasil belajar peserta didik kelas X pada materi pokok reduksi oksidasi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan desain eksperimen pretest-posttest nonequivalent group design. Variabel independen dalam penelitian adalah pembelajaran dengan metode Mind Mapping dan metode ceramah, sedangkan variabel dependen yaitu kreativitas belajar dan prestasi belajar peserta didik. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Kabupaten bengkayang yang berjumlah 99 orang, yang terdiri dari kelas XA, XB dan XC. Sampel penelitian sebesar 33 orang kelas XA sebagai kelas eksperimen dan 33 orang kelas XC sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Kelas eksperimen diberikan perlakuan pembelajaran dengan metode Mind Mapping, dan kelas kontrol dengan metode ceramah. Data kreativitas belajar dikumpulkan dengan angket kreativitas dan prestasi belajar dengan tes , analisis data yang digunakan adalah dengan statistik inferensial t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik yang belajar pada materi reduksi oksidasi dengan metode Mind Mapping mempunyai kreativitas dan prestasi belajar lebih baik dibandingkan dengan menggunakan metode ceramah. Kata kunci: Metode Pembelajaran Mind Mapping, metode ceramah, kreativitas dan prestasi belajar peserta didik

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Perpustakaan
Divisions: Perpustakaan
Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 04 Dec 2012 07:13
Last Modified: 29 Jan 2019 04:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8238

Actions (login required)

View Item View Item