PEMBUATAN POROS TRANSMISI PADA MESIN MODIFIKASI CAMSHAFT (NOKEN AS)

AKBAR BUDI, SAPUTRA (2012) PEMBUATAN POROS TRANSMISI PADA MESIN MODIFIKASI CAMSHAFT (NOKEN AS). D3 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
COVER-09508134024.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 -09508134024.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 -09508134024.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 -09508134024.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN -09508134024.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Poros transmisi pada mesin modifikasi camshaft merupakan salah satu komponen penting dari mesin modifikasi camshaft, dan termasuk dalam prioritas utama karena poros transmisi ini berfungsi sebagai penerus gaya dari motor listrik ke pully utama sebagai penggerinda camshaft. Tujuan dari proses pembuatan poros transmisi ialah untuk mengetahui bahan yang digunakan, menentukan peralatan dan mesin yang digunakan, menentukan urutan proses pembuatan, dan mengetahui waktu yang digunakan dalam proses pembuatan poros transmisi ini. Proses pembuatan poros transmisi meliputi : menentukan gambar kerja, proses penyiapan bahan, proses pemotongan bahan, proses pembubutan, proses pengefraisan, dan proses finishing, serta proses perakitan pada seluruh komponen mesin. Alat dan mesin yang digunakan adalah mesin bubut CIA MIX SP 6230 T dan perlengkapannya, Mesin gergaji Makita 5800 NB, mesin gerinda duduk, mesin frais vertikal dan perkakas tangan lainnya. Hasil akhir pembuatan poros transmisi pada mesin modifikasi camshaft didapat spesifikasi poros bertingkat panjang total 234,95 mm dengan ϕ 18 mm sepanjang 39,95 mm, dan ϕ 20 mm sepanjang 195 mm, dengan alur pasak pada ϕ 18 mm sepanjang 30,05 mm dan lebar 6 mm dengan kedalaman 3,95 mm. Bahan poros transmisi tergolong mild steel dan masuk dalam kategori baja jenis St 37 dengan harga kekerasan vickers sebesar 113,45 kg/mm² dan kekuatan tarik sebesar 37,18 kg/mm² atau 364,36 N/mm². Waktu yang dibutuhkan untuk pembuatan poros transmisi adalah 2 jam 4 menit. Hasil akhir pembuatan poros transmisi ini masih sedikit mengalami penyimpangan geometris dengan gambar kerja, tetapi penyimpangan ini tidak mempengaruhi dalam fungsi dan kinerja poros transmisi mesin modifikasi camshaft ini. Mesin modifikasi camshaft ini mampu mencapai 1 noken as/jam (tergantung pada keahlian modifikator dan seberapa besar modifikasi noken as itu sendiri). Kata kunci : Poros Transmisi, Mesin Modifikasi Camshaft

Item Type: Thesis (D3)
Uncontrolled Keywords: Poros Transmisi, Mesin Modifikasi Camshaft
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Mesin > D3 Teknik Mesin
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 04 Dec 2012 07:07
Last Modified: 04 Dec 2012 07:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8218

Actions (login required)

View Item View Item