DWI WAHYU, ASTARINI (2012) KEEFEKTIFAN MEDIA TELEVISI REALITY SHOW DALAM PEMBELAJARAN MENULIS NARASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BANGUNTAPAN BANTUL. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
|
Text
1-07201241044.pdf Download (780kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1-07201241044.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2-07201241044.pdf Download (77kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 5-07201241044.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN-07201241044.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada tidaknya perbedaan keterampilan menulis narasi yang signifikan antara kelompok yang diberi pembelajaran dengan menggunakan media televisi reality show dan kelompok yang diberi pembelajaran tanpa menggunakan media televisi reality show. Selain itu, tujuan penelitian ini untuk membuktikan keefektifan penggunaan media televisi reality show dalam pembelajaran menulis narasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Banguntapan. Desain penelitian menggunakan desain penelitian eksperimen semu dengan rancangan pretest-posttest control group design. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas yang berupa media televisi reality show dan variabel terikat berupa keterampilan menulis narasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Banguntapan. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling sehingga ditetapkan kelas VIIIF sebagai kelompok kontrol dan VIIID sebagai kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, yaitu berupa tes menulis narasi. Untuk memperoleh keabsahan data, validitas instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas isi, sedangkan reliabilitas instrumen menggunakan teknik Alpha Cronbach. Hasil perhitungan menunjukkan besarnya reliabilitas adalah 0,725. Teknik analisis data menggunakan uji-t dan uji scheffe. Hasil perhitungan uji-t pada skor posttest antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan bahwa nilai signifikansi P sebesar 0,000 dan db 56. Nilai P lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 (0,000<0,05). Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan keterampilan menulis narasi yang sigifikan antara kelompok yang diberi pembelajaran dengan menggunakan media televisi reality show dan kelompok yang diberi pembelajaran tanpa menggunakan media televisi reality show. Hasil perhitungan uji scheffe diperoleh nilai F sebesar 13,095 dengan db 56 dan pada taraf signifikansi 0,000. Dengan demikian, nilai taraf signifikansi P lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05). Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran keterampilan menulis narasi dengan media televisi reality show lebih efektif daripada pembelajaran tanpa menggunakan media televisi reality show. Kata kunci: keefektifan, media televisi reality show, pembelajaran menulis narasi
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keefektifan, media televisi reality show, pembelajaran menulis narasi |
Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia Perpustakaan |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 04 Dec 2012 07:01 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 17:26 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8214 |
Actions (login required)
View Item |