Ferra Delan , Jelita (2012) PENGEMBANGAN WEBSITE PETUNJUK PRAKTIKUM KIMIA UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS XII SEMESTER 1. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
|
Text
Halaman Depan.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
Cover.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (20MB) | Preview |
|
|
Text
Halaman Persetujuan.pdf Download (22MB) | Preview |
|
|
Text
bab 1.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2.pdf Download (167kB) | Preview |
|
|
Text
bab 5.pdf Download (72kB) | Preview |
|
|
Text
STORY BOARD.pdf Download (951kB) | Preview |
|
|
Text
instrumen guru.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text
instrumen peserta didik.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Nama.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pernyataan.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
PERNYATAAN ahli materi.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
PERNYATAAN ahli media.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
Perhitungan Kualitas Website oleh Peserta Didik.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text
Perhitungan Kualitas Website oleh Reviewer.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text
Tabulasi Data Reviewer.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text
Tabulasi Data Motivasi.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
Tabulasi Data Peserta Didik.pdf Download (60kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dalam bidang pendidikan kimia. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan website petunjuk praktikum kimia untuk peserta didik SMA/MA kelas XII IPA semester 1, mengetahui kualitas dari website petunjuk praktikum kimia tersebut berdasarkan penilaian oleh lima orang guru kimia SMA/MA dan berdasarkan penilaian oleh 25 orang peserta didik SMA kelas XII, serta untuk mengetahui apakah website petunjuk praktikum kimia tersebut dapat memotivasi peserta didik untuk belajar kimia lebih jauh. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE yang disederhanakan tanpa tahap implementasi. Model pengembangan terdiri atas 4 tahap utama yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, Evaluasi. Produk awal ditinjau dan diberi masukan oleh dosen pembimbing, peer reviewer, ahli media dan ahli materi dan selanjutnya direvisi. Produk revisi dinilai dan diberi masukan oleh guru kimia SMA/MA sebagai reviewer serta oleh peserta didik SMA kelas XII IPA. Instrumen penilaian website petunjuk praktikum kimia berdasarkan penilaian reviewer berisi 6 aspek penilaian dengan 22 indikator penilaian. Sedangkan instrumen penilaian website petunjuk praktikum kimia berdasarkan penilaian peserta didik berisi 7 aspek penilaian dengan 17 indikator penilaian. Hasil penilaian berupa data kualitatif yang diubah menjadi skor kemudian ditabulasi dan dianalisis untuk menentukan kualitas website petunjuk praktikum kimia. Hasil penelitian pengembangan ini adalah website petunjuk praktikum kimia untuk peserta didik SMA/MA kelas XII IPA semester 1. Berdasarkan penilaian lima guru kimia SMA/MA, website petunjuk praktikum kimia memiliki skor ratarata sebesar 95,2 yang terletak pada rentang skor X > 92,41 sehingga memiliki kualitas sangat baik (SB) dengan persentase sebesar 86,55 %. Sedangkan berdasarkan penilaian peserta didik, website petunjuk praktikum kimia memiliki skor rata-rata sebesar 67 yang terletak pada rentang skor 57,8 < X < 71,3 sehingga memiliki kualitas baik (B) dengan persentase sebesar 78,8%. Website petunjuk praktikum kimia dapat digunakan sebagai sumber belajar mandiri bagi peserta didik SMA/MA IPA. Selain itu website petunjuk praktikum kimia dapat memotivasi peserta didik untuk belajar kimia lebih jauh dengan perolehan persentase sebesar 96% peserta didik yang termotivasi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia Perpustakaan |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia Perpustakaan |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 04 Dec 2012 07:01 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 17:26 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8213 |
Actions (login required)
View Item |