KEEFEKTIFAN TEKNIK THINK-PAIR-SHARE (BERPIKIR-BERPASANGAN-BERBAGI) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PIYUNGAN, BANTUL

ALFIN, SUGIARTO (2012) KEEFEKTIFAN TEKNIK THINK-PAIR-SHARE (BERPIKIR-BERPASANGAN-BERBAGI) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PIYUNGAN, BANTUL. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1-07201241038.pdf

Download (676kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1-07201241038.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2-07201241038.pdf

Download (861kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5-07201241038.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN-07201241038.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan (1) ada tidaknya perbedaan keterampilan menulis eksposisi antara kelompok siswa yang melaksanakan pembelajaran menulis eksposisi menggunakan teknik Think-Pair-Share dengan kelompok siswa yang melaksanakan pembelajaran menulis eksposisi tanpa menggunakan teknik Think-Pair-Share siswa kelas X SMA Negeri 1 Piyungan, (2) keefektifan teknik Think-Pair-Share terhadap keterampilan menulis eksposisi pada siswa X SMA Negeri 1 Piyungan, Bantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen. Model desain penelitiannya menggunakan pretes dan postes dengan kelompok kontrol (Control Group Pretest-Posttest Design). Variabel dalam penelitian ini adalah varibel bebas yang berupa teknik Think- Pair-Share dan variabel terikat yang berupa keterampilan siswa menulis eksposisi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XA-XD. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Simple Random Sampling dengan cara pengundian. Berdasarkan teknik tersebut, ditetapkan bahwa kelas XD sebagai kelompok kontrol dan kelas XB sebagai kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes keterampilan menulis eksposisi dan dokumentasi. Isi instrumen dikonsultasikan dengan para ahlinya (expert judgement) dan diujicobakan pada siswa di luar sampel. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Sebelum dilakukan analisis menggunakan uji-t maka dilakukan uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan perhitungan tersebut kedua kelompok tersebut terbukti bahwa skor pretes dan postes kelompok tersebut normal dan homogen. Selanjutnya dilakukan uji beda menggunakan uji-t. Hasil uji-t skor pretes dan postes keterampilan menulis eksposisi menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar dari ttabel (7,577 > 2,0315) pada taraf signifikansi 5% dengan db 34 dan diperoleh nilai p = 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok yang melaksanakan pembelajaran menulis eksposisi menggunakan teknik Think-Pair-Share dengan kelompok yang melaksanakan pembelajaran menulis eksposisi tanpa menggunakan teknik Think-Pair-Share siswa kelas X SMA Negeri 1 Piyungan, Bantul 2) pembelajaran menulis eksposisi kelompok yang menggunakan teknik Think-Pair-Share lebih efektif dibandingkan dengan kelompok yang melaksanakan pembelajaran menulis eksposisi tanpa menggunakan teknik Think-Pair-Share.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 04 Dec 2012 03:02
Last Modified: 04 Dec 2012 03:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8133

Actions (login required)

View Item View Item