PENGARUH PENGGUNAAN METODE TALKING STICK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V SDN JAMBUSARI 03 JERUKLEGI CILACAP

WIWIN AULIA, ROKHANI (2012) PENGARUH PENGGUNAAN METODE TALKING STICK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V SDN JAMBUSARI 03 JERUKLEGI CILACAP. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover - 08108244103.pdf

Download (16MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1 - 08108244103.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 - 08108244103.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 - 08108244103.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran - 08108244103.pdf

Download (118MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan metode Talking Stick terhadap motivasi belajar siswa pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas V SDN Jambusari 03. Hipotesis penelitian ini adalah ada pengaruh positif penggunaan metode Talking Stick terhadap motivasi belajar siswa pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas V SDN Jambusari 03. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Jambusari 03 yang terdiri dari 45 siswa di mana kelas VA terdiri dari 23 siswa sebagai kelompok kontrol dan kelas VB terdiri dari 22 siswa sebagai kelompok eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah angket dan lembar observasi. Validasi instrumen yang digunakan adalah validitas isi dan konstrak. Validitas isi dengan expert judgement dan validitas konstrak dengan uji coba instrumen. Teknik analisis data dilakukan dengan melakukan uji asumsi dasar dan uji hipotesis menggunakan rumus t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah menggunakan metode Talking Stick, motivasi belajar siswa pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial mengalami perbedaan di mana kelompok eksperimen yang pembelajarannya menggunakan metode Talking Stick lebih tinggi motivasi belajarnya dari pada kelompok kontrol yang pembelajarannya menggunakan metode ceramah. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji t nilai post test kelompok eksperimen dan kontrol diperoleh nilai thitung (2,751)> ttabel (2,0167) dan nilai p value (sig) 0,009<0,05. Dengan demikian Ho ditolak sehingga pembelajaran menggunakan Talking Stick berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa pada pelajaran IPS kelas V SDN Jambusari 03. Kata kunci: metode Talking Stick, motivasi belajar siswa, Ilmu Pengetahuan Sosial.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: metode Talking Stick, motivasi belajar siswa, Ilmu Pengetahuan Sosial.
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 03 Dec 2012 02:42
Last Modified: 29 Jan 2019 17:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8073

Actions (login required)

View Item View Item