PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LEMBAR CATATAN STUDI (LEMCAS) EKONOMI BAGI SISWA DI SMA NEGERI 2, 6 DAN 9 YOGYAKARTA

ANDRY, PRASETIYO (2012) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LEMBAR CATATAN STUDI (LEMCAS) EKONOMI BAGI SISWA DI SMA NEGERI 2, 6 DAN 9 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover - 07404241026.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 - 07404241026.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 - 07404241026.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 - 07404241026.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN-07404241026.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini ialah: (1) mengetahui prosedur pengembangan produk media pembelajaran lembar catatan studi (lemcas) ekonomi berdasarkan pada teori yang relevan, dimana tujuan akhirnya adalah menghasilkan produk media pembelajaran yang layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran; (2) menilai kriteria kelayakan produk media pembelajaran lembar catatan studi (lemcas) ekonomi berdasarkan penilaian atau validasi dari ahli materi, ahli media, guru bidang studi ekonomi, serta peserta didik SMA kelas X; dan (3) mengetahui deskripsi respon peserta didik selama pemebelajaran menggunakan produk media pembelajaran lembar catatan studi (lemcas) ekonomi. Penelitian ini merupakan jenis research and development (R&D), yakni suatu metode penelitian yang digunakan untuk mengembangkan atau memvalidasi produk yang digunakan dalam pendidikan dan pembelajaran, dimana tujuan akhirnya adalah menghasilkan produk media pembelajaran yang layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Subjek uji coba dalam penelitian ini yaitu tim ahli yang terdiri dari 4 dosen; uji coba perorangan yang terdiri dari 3 guru ekonomi; uji coba kelompok kecil yang terdiri dari 90 peserta didik; dan uji coba lapangan yang terdiri dari 270 peserta didik. Acuan penetapan sampel subjek uji coba dalam penelitian ini diambil secara acak bertingkat (stratified random sampling) dengan kriteria intelektual kelas tinggi, sedang dan rendah. Responden uji coba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X (sepuluh). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipan, wawancara terstruktur kepada guru dan peserta didik, dokumentasi dan angket. Analisis data yang dilakukan dengan cara, data kuantitatif yang diperoleh melalui angket penilaian berdasarkan kriteria kelayakan akan dianalisis dengan statistik deskriptif, kemudian dikonversikan ke data kualitatif dengan skala 5 untuk mengetahui kualitas produk. Hasil dari penilaian ini adalah: (1) prosedur pengembangan pada penulisan ini, yaitu: a) observasi awal; b) analisis kebutuhan (need assessment); c) tahapan produksi draf awal berupa desain produk media; d) tahap perencanaan yang terdiri dari perumusan tujuan pembelajaran; e) uji coba validitas dan realibilitas instrument penilaian; f) tahapan evaluasi penilaian produk dengan alat pengukuran keberhasilan oleh tim ahli; g) uji coba produk dengan 3 (tiga) tahapan, uji coba perorangan dengan subjek uji coba guru bidang studi ekonomi, uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan; h) revisi dan i) produk akhir; (2) diketahui penilaian kriteria kelayakan produk media pembelajaran lembar catatan studi (lemcas) ekonomi sebagai berikut: a) ahli materi menilai baik dengan rerata skor 3,925; b) ahli media menilai baik dengan rerata skor 3,96; c) guru bidang studi ekonomi menilai baik dengan rerata skor 4,086. d) peserta didik yang masuk dalam kelompok kecil menilai baik dengan rerata skor 3,765; dan e) peserta didik yang masuk dalam uji coba lapangan menilai baik dengan rerata skor 3,81; dan (3) deskripsi respon peserta didik selama pembelajaran menggunakan media lemcas ekonomi sangat positif. Peserta didik terbantu dengan adanya produk media pembelajaran lemcas ekonomi kaitannya memahami konsep materi permintaan, penawaran, harga keseimbangan dan pasar. Secara umum, media pembelajaran yang dikembangkan dinilai layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Ekonomi
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 03 Dec 2012 02:38
Last Modified: 29 Jan 2019 17:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8043

Actions (login required)

View Item View Item