YOLANDA DIAH, NUR MEGAWATI (2012) MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 BANJARNEGARA TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
|
Text
1-08403241031.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1-08403241031.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2-08403241031.pdf Download (223kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 5-08403241031.pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN-08403241031.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Meningkatkan Keaktifan Siswa dengan Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Banjarnegara tahun ajaran 2011/2012. 2. Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Siswa dengan Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Banjarnegara tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus. Setiap siklus dimulai dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Banjarnegara sebanyak 37 siswa. Instumen digunakan pada penelitian ini adalah lembar pengamatan/catatan harian untuk mencatat semua kejadian selama proses penelitian berlangsung dan melakukan penilaian Keaktifan Siswa, Instrumen tes untuk mengukur pencapaian hasil belajar akuntansi siswa setelah mengikuti proses belajar mengajar, Lembar Kerja Siswa/Modul Siswa disusun sebagai bahan pedoman pada saat melakukan diskusi, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Dokumentasi. Keaktifan Siswa yang dipantau dari lembar pengamatan/catatan harian setiap pertemuan dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa dipantau dengan tes disetiap akhir siklus. Analisis data dilakukan dengan mereduksi, menyajikan dan menyimpulkan hasil pada siklus I dan siklus II. Hasil penelitian yaitu: 1. Peningkatan Keaktifan Siswa dengan Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization, siklus I memperoleh rata-rata Keaktifan Siswa mencapai 65,02%, dan pada siklus II naik menjadi 81,83%, jadi terdapat peningkatan Keaktifan Siswa antara siklus I dengan siklus II sebesar 8,11%. 2. Peningkatan Hasil Belajar Akuntansi Siswa dengan Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization siklus I, siswa tuntas sebesar 70,27%, dan siklus II siswa tuntas sebesar 86,49%, jadi terdapat peningkatan sebesar 16,22%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi Perpustakaan |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi Perpustakaan |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 03 Dec 2012 02:36 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 17:21 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8039 |
Actions (login required)
View Item |