PENGEMBANGAN MULTIMEDIA UNTUK MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMA NEGERI 1 NGLUWAR KABUPATEN MAGELANG

RATIH ARDHA , PUSPITA (2012) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA UNTUK MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMA NEGERI 1 NGLUWAR KABUPATEN MAGELANG. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1-08404241039.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1-08404241039.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2-08404241039.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5-08404241039.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN-08404241039.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui cara mengembangkan multimedia pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Negeri 1 Ngluwar, (2) mengetahui keefektifan multimedia pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Negeri 1 Ngluwar, (3) mengetahui keefektifan multimedia pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Negeri 1 Ngluwar, (4) mengetahui motivasi belajar siswa yang diajarkan dengan multimedia pembelajaran lebih tinggi daripada yang diajarkan dengan media konvensional, (5) mengetahui tingkat pemahaman siswa yang diajar dengan multimedia pembelajaran lebih tinggi daripada yang diajar dengan media konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development) yaitu dengan membuat multimedia pembelajaran yang divalidasi oleh ahli kemudian diuji cobakan kepada siswa dengan melibatkan dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen di SMA Negeri 1 Ngluwar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) multimedia pembelajaran yang telah dikembangkan dinilai dari ahli: (a) ahli materi menyatakan bahwa materi pelajaran dalam aspek kesesuaian dengan tujuan pembelajaran dinilai sangat baik dan kemudahan siswa menyerap materi pelajaran yang disajikan dalam media pembelajaran dinilai baik, (b) ahli media menyatakan bahwa dalam aspek kesesuaian dengan tingkat berpikir siswa dan kesesuaian dengan ketentuan pembuatan media powerpoint dinilai baik, (c) uji coba kelompok kecil menyatakan bahwa aspek powerpoint secara keseluruhan, video dalam slide, tampilan gambar dalam slide, tampilan background, tampilan huruf, tampilan animasi dan penggunaan efek suara dinilai sangat baik (2) multimedia pembelajaran efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi hal ini dibuktikan dengan t hitung pada kelas eksperimen sebesar -38,321 dengan taraf signifikansi 0,000 (3) multimedia pembelajaran efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran ekonomi dibuktikan dengan t hitung kelas eksperimen pada kelas eksperimen sebesar -15,276 dengan taraf signifikansi 0,000 (4) motivasi belajar siswa yang diajar menggunakan multimedia pembelajaran lebih tinggi daripada yang diajar dengan menggunakan media konvensional dibuktikan dengan t hitung motivasi akhir sebesar 4,031 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 dimana rata-rata motivasi belajar siswa kelas eksperimen sebesar 63,77 sedangkan kelas kontrol sebesar 42,27 (5) tingkat pemahaman siswa yang diajarkan dengan multimedia pembelajaran lebih tinggi daripada yang diajar dengan media konvensional dibuktikan dengan t hitung posttest 24,694 dengan tingkat signifikansi 0,000 dimana rata-rata posttest pada kelas eksperimen sebesar 81,73 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 72,00. Kata Kunci: Multimedia Pembelajaran, Motivasi Belajar, Pemahaman Siswa

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Multimedia Pembelajaran, Motivasi Belajar, Pemahaman Siswa
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Ekonomi
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 29 Nov 2012 01:13
Last Modified: 29 Jan 2019 17:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8001

Actions (login required)

View Item View Item