ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DI INDONESIA (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN BERKATEGORI HIGH PROFILE YANG LISTING DI BURSA EFEK INDONESIA)

MARZULLY, NUR (2012) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DI INDONESIA (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN BERKATEGORI HIGH PROFILE YANG LISTING DI BURSA EFEK INDONESIA). S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB 1-08412144024.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1-08412144024.pdf

Download (27MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2-08412144024.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5-08412144024.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN-08412144024.pdf

Download (868kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian ex post facto yang dilakukan pada perusahaan berkategori high profile yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, kepemilikan saham publik, dewan komisaris, leverage dan pengungkapan media terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility. Metode pengumpulan data yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode studi dokumentasi dengan mendapatkan data berupa laporan tahunan dan laporan keberlanjutan yang telah dikeluarkan oleh perusahaan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan berkategori high profile yang terdaftar di BEl tahun 2008-2010. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Metode analisis yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas yang diproksi dengan ROA menunjukkan tidak berpengaruh terhadap pengungkapan CSR dengan nilai t hitung -0,378 pada tingkat signifikansi 0,707. Ukuran perusahaan yang diproksi dengan Total Asset berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan CSR dengan nilai t hitung 4,773 pada tingkat signifikansi 0,000. Kepemilikan saham publik tidak berpengaruh terhadap pengungkapan CSR dengan nilai t hitung -0,818 pada tingkat signifikansi 0,417. Dewan komisaris berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pengungkapan CSR dengan nilai t hitung sebesar0,792 pada tingkat signifikansi 0,003. Leverage yang diproksi dengan DER (debt equity ratio) menunjukkan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pengungkapan CSR dengan t hitung sebesar -0,331 pada tingkat signifikansi 0,003. Pengungkapan media tidak berpengaruh terhadap pengungkapan CSR dengan nilai t hitung -0,143 dan pada tingkat signifikansi 0,494. Adapun nilai F hitung adalah sebesar 5,925 pada tingkat signifikansi 0,000 dengan nilai R2 sebesar 0,350 ini berarti bahwa variabel profitabiltas, ukuran perusahaan, kepemilikan saham publik, dewan komisaris, leverage dan pengungkapan media (media exposure) secara bersama-sama (simultan) berpengaruh terhadap pengungkapan CSR.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi > Akuntansi
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 29 Nov 2012 00:20
Last Modified: 29 Jan 2019 17:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7958

Actions (login required)

View Item View Item