IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS X AKUNTANSI 3 SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012

LORENTYA YULIANTI, KURNIANINGTYAS (2012) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS X AKUNTANSI 3 SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover - 08403244023.pdf

Download (828kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 - 08403244023.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 - 08403244023.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 - 08403244023.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran - 08403244023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bersifat partisipatif dan kolaboratif. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan Keaktifan Belajar Akuntansi dengan implementasi Strategi Pembelajaran Kooperatif Teknik Jigsaw pada siswa kelas X Akuntansi 3 SMK Negeri 7 Yogyakarta tahun ajaran 2011/2012 pada masing-masing siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipasi, angket, dokumentasi, dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan analisis data kuantitatif dilakukan dengan mempersentasekan data kuantitatif yang diperoleh. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa implementasi Strategi Pembelajaran Kooperatif Teknik Jigsaw dapat meningkatkan Keaktifan Belajar Akuntansi pada siswa kelas X Akuntansi 3 SMK Negeri 7 Yogyakarta tahun ajaran 2011/2012. Hal tersebut didukung dengan data penelitian yang menunjukkan adanya peningkatan pada aspek membaca materi Akuntansi, bertanya tentang materi yang belum dipahami, mendengarkan penjelasan guru maupun diskusi kelompok, mencatat materi Akuntansi, mengerjakan tugas dan latihan, semangat bekerjasama dalam kelompok, berani mengemukakan pendapat dalam diskusi, dan menjawab pertanyaan maupun menanggapi pendapat orang lain. Perhitungan rata-rata skor Keaktifan Belajar Akuntansi pada setiap siklus juga menunjukkan peningkatan. Pada siklus I diperoleh rata-rata skor Keaktifan Belajar Akuntansi sebesar 61,42% dan pada siklus II diperoleh skor 86,07% atau peningkatan yang terjadi dari siklus I ke siklus II adalah 24,65%. Sedangkan pada siklus III diperoleh skor 91,43% maka peningkatan yang terjadi dari siklus II ke siklus III adalah sebesar 5,35%. Secara keseluruhan peningkatan skor Keaktifan Belajar Akuntansi yang terjadi dari siklus I hingga siklus III adalah sebesar 30,01%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 28 Nov 2012 03:57
Last Modified: 29 Jan 2019 17:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7913

Actions (login required)

View Item View Item