LILIS ENDAH, WIJAYANTI (2012) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS, MOTIVASI BELAJAR, DAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING SISWA KELAS XI IPS SMA MA`ARIF 1 SLEMAN. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
|
Text
1 - 08404241011.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1 - 08404241011.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2 - 08404241011.pdf Download (280kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 5 - 08404241011.pdf Download (348kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN - 08404241011.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Apakah penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPS SMA Ma`arif 1 Sleman. (2) Apakah penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan motivasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Ma`arif 1 Sleman. (3) Apakah penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Ma`arif 1 Sleman. (4) Apa saja kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapan model pembelajaran Quantum Teaching untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, motivasi belajar, dan prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Ma`arif 1 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Ma`arif 1 Sleman yang terdiri dari 18 siswa. Data diperoleh dari hasil wawancara, observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data diuji dengan menggunakan validitas isi berdasarkan judgment dari para ahli. Teknik analisis data kuantitatif dilakukan dengan statistik deskriptif sedangkan data kualitatif dilakukan dengan proses reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa aspek kemampuan berpikir kritis, motivasi belajar, dan prestasi belajar mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Rata-rata kemampuan berpikir kritis siklus I pada setiap aspeknya belum mencapai 4 siswa tetapi pada siklus II rata-rata telah mencapai 4 siswa. Hal ini menunjukkan kemampuan berpikir kritis siswa telah mencapai kriteria keberhasilan tindakan. Persentase motivasi belajar siswa siklus I menunjukkan sebanyak 50% siswa berada pada kategori tinggi dan pada siklus II terdapat 72,22% siswa yang memiliki motivasi belajar pada kategori tinggi dan 27,78% siswa berada dalam kategori sangat tinggi. Hal ini menunjukkan motivasi belajar siswa telah mencapai kriteria keberhasilan tindakan. Prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 50% siswa memiliki skor ≥ 70, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 88,89% siswa. Hal ini menunjukkan kriteria keberhasilan tindakan telah berhasil yaitu sebesar 70% siswa memiliki nilai ≥ 70. Kata Kunci: Kemampuan berpikir kritis, Motivasi belajar, Prestasi belajar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan berpikir kritis, Motivasi belajar, Prestasi belajar |
Subjects: | Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi Perpustakaan |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Ekonomi Perpustakaan |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 28 Nov 2012 03:57 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 17:17 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7905 |
Actions (login required)
View Item |