UPAYA MENGEMBANGKAN MOTORIK KASAR MELALUI BERMAIN PAPAN TITIAN PADA ANAK KELOMPOK B TK PIRI NITIKAN YOGYAKARTA

NUNING , SOFIAH (2012) UPAYA MENGEMBANGKAN MOTORIK KASAR MELALUI BERMAIN PAPAN TITIAN PADA ANAK KELOMPOK B TK PIRI NITIKAN YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover - 0911124700.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1 - 0911124700.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2 - 0911124700.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5 - 0911124700.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran- 0911124700.pdf

Download (23MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan motorik kasar melalui bermain papan titian pada anak kelompok B TK Piri Nitikan Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilakukan secara kolaboratif dan partisipasif. Subjek penelitian ini semua anak kelompok B TK Piri Nitikan Yogyakarta, yang berjumlah 20 anak, yang terdiri dari 13 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah pengembangan motorik kasar anak melalui bermain papan titian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes unjuk kerja dan dokumentasi. Instrumen penelitian yakni panduan observasi dan tes unjuk kerja. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bermain papan titian dapat mengembangkan kemampuan motorik kasar pada anak kelompok B TK Piri Nitikan Yogyakarta. Berjalan dengan langkah pendek anak yang memenuhi kriteria bisa berjalan di atas papan titian 4 anak (20%). Berjalan dengan langkah panjang, yang bisa 3 anak (15%) dan berjalan dengan posisi menyamping 3 anak (15%). Pelaksanaan tindakan siklus I kegiatan berjalan dengan langkah pendek, yang bisa 11 anak (55%). Berjalan dengan langkah panjang, yang bisa 10 anak (50%) dan berjalan dengan posisi menyamping 9 anak (45%). Pelaksanaan tindakan siklus 2, berjalan dengan langkah pendek 19 anak (95%). Pada kegiatan berjalan dengan langkah panjang 19 anak (95%) dan berjalan dengan posisi menyamping 18 anak (90%). Kata kunci : motorik kasar, bermain papan titian, TK Piri Nitikan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: motorik kasar, bermain papan titian, TK Piri Nitikan.
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Perpustakaan
Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 28 Nov 2012 01:30
Last Modified: 29 Jan 2019 17:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7873

Actions (login required)

View Item View Item