AGUSTINA HERTURKISARI , TATONTOS (2012) PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA KOMPETENSI DASAR MENGOLAH KUE INDONESIA DI SMK BOPKRI 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
|
Text
cover -08511247004.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text
bab 1 -08511247004.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2-08511247004.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text
bab 5-08511247004.pdf Download (262kB) | Preview |
|
|
Text
lampiran-08511247004.pdf Download (750kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pelaksanaan penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk meningkatkan minat belajar pada kompetensi dasar mengolah kue Indonesia di SMK BOPKRI 2 Yogyakarta. (2) Mengetahui meningkatnya minat belajar siswa SMK BOPKRI 2 Yogyakarta setelah menggunakan lembar kerja siswa pada kompetensi dasar kue Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas atau classroom action research dengan dua siklus dan masing – masing menggunakan 4 langkah, yaitu : perencanaan (Plan), tindakan (Action), observasi (Observation), dan refleksi (Reflektion) yang dilaksanakan dari bulan Februari 2012 sampai dengan bulan Mei 2012. Obyek penelitian adalah siswa kelas X Boga SMK BOPKRI 2 Yogyakarta sebanyak 40 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Instrumen dibaca oleh kepala sekolah SMK BOPKRI 2 Yogyakarta, selanjutnya diujicobakan di SMK BOPKRI 2 pada kelas X Boga. Untuk mengetahui reliabiltas instrumen dilakukan uji andalan Alpha Cronback dengan bantuan komputer SPSS 11.5 for Windows dengan hasil reliabilitas deskriptif statistik yang menghasilkan nilai-nilai frekuensi. Analisis data dilakukan dengan tehnik statistic deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Pelaksanaan penggunaan Lembar Kerja Siswa untuk meningkatkan minat belajar pada kompetensi dasar mengolah kue Indonesia di SMK BOPKRI 2 Yogyakarta dapat berjalan dengan lancar, hal ini dapat terlihat dari kehadiran siswa pada siklus pertama 92,68% dari 41 orang menjadi 95,12%, semua membaca dan mengerjakan soal teori dan praktik yang tersedia pada lembar kerja siswa. 2) Meningkatnya minat belajar siswa, terlihat pada angket sebelum menggunakan LKS minat siswa sedang 65%, setelah menggunakan LKS minat belajar siswa menjadi tinggi sekali 15% dan tinggi 85%. Kata Kunci : LKS, minat siswa SMK BOPKRI 2
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKS, minat siswa SMK BOPKRI 2 |
Subjects: | Perpustakaan Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga Perpustakaan |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 28 Nov 2012 01:30 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 17:16 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7869 |
Actions (login required)
View Item |