PENGARUH MOTIVASI DAN PERSEPSI TENTANG SIKAP GURU PEMBIMBING PPL TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU YANG PROFESIONAL (Studi pada Mahasiswa Angkatan 2008 Fakultas Ekonomi UNY)

FIEKA, PRADITALIANA (2012) PENGARUH MOTIVASI DAN PERSEPSI TENTANG SIKAP GURU PEMBIMBING PPL TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU YANG PROFESIONAL (Studi pada Mahasiswa Angkatan 2008 Fakultas Ekonomi UNY). S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1-08404241042.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1-08404241042.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2-08404241042.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5-08404241042.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN-08404241042.pdf

Download (322kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh motivasi terhadap kesiapan menjadi guru yang profesional, (2) pengaruh persepsi tentang sikap guru pembimbing PPL terhadap kesiapan menjadi guru yang profesional, (3) pengaruh motivasi dan persepsi tentang sikap guru pembimbing PPL secara bersama-sama terhadap kesiapan menjadi guru yang profesional. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2008, yaitu 186 mahasiswa. Sampel yang digunakan adalah 121 mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Sebelum data dianalisis, dilakukan pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas, uji linieritas, dan uji multikolinearitas. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi terhadap kesiapan menjadi guru yang profesional yang ditunjukkan dari hasil perhitungan nilai t hitung sebesar 2,306 dengan signifikansi 0,023, (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara persepsi tentang sikap guru pembimbing PPL terhadap kesiapan menjadi guru yang profesional yang ditunjukkan dari t hitung sebesar 2,130 dengan signifikansi 0,035, (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi dan persepsi tentang sikap guru pembimbing PPL secara bersama – sama (simultan) terhadap kesiapan menjadi guru yang profesional yang berdasarkan hasil pengujian analisis regresi ganda ditemukan harga F hitung sebesar 25,274 dengan Signifikansi 0,000. Kata Kunci : Motivasi, Sikap, Profesional

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Sikap, Profesional
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 28 Nov 2012 01:26
Last Modified: 29 Jan 2019 17:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7838

Actions (login required)

View Item View Item