PENINGKATAN MOTIVASI DAN PEMAHAMAN KONSEP IPA DENGAN PENGGUNAAN VCD PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS IV SDN KARANGMOJO III GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2011/2012

LINDA, DESVITASARI (2012) PENINGKATAN MOTIVASI DAN PEMAHAMAN KONSEP IPA DENGAN PENGGUNAAN VCD PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS IV SDN KARANGMOJO III GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, U.

[img]
Preview
Text
cover - 06108248109.pdf

Download (503kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1 - 06108248109.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2 - 06108248109.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5 - 06108248109.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran - 06108248109.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penggunaan VCD pembelajaran dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman konsep mata pelajaran IPA kelas IV SDN Karangmojo III. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman konsep IPA dengan memanfaatkan media VCD pembelajaran pada matapelajaran IPA kelas IV SDN Karangmojo III. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas Penelitian ini dilaksanakan di SDN Karangmojo III dari bulan Februari sampai dengan Mei 2011. Subjek penelitian kelas IV SDN Karangmojo III. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes tertulis, dan angket motivasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dengan model siklus melalui langkahlangkah : perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman konsep IPA dengan menggunakan VCD pembelajaran ini adalah sebagai berikut:(1) Proses pembelajaran berjalan dengan kondusif dan motivasi siswa mengalami peningkatan dan masuk dalam kategori tinggi, sesuai hasil pengamatan dari aspek kuatnya kemauan berbuat, jumlah waktu dalam berlajar, kerelaan meninggalkan tugas lain, ketekunan mengerjakan tugas, ulet dalam menghadapi kesulitan, minat terhadap masalah, lebih senang bekerja mandiri, dan dapat mempertahkan pendapat. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan baik dalam hal motivasi, yaitu: motivasi rendah siklus I sebesar 6 orang siklus II menurun menjadi 3, sedangkan motivasi tinggi meningkat dari 17 menjadi 19, dan untuk motivasi sangat tinggi meningkat dari 2 orang menjadi 3 orang. (2) Hasil belajar siswa yang telah memenuhi target penelitian yaitu 7,0 pada siklus I sebesar 72%, dan pada siklus II meningkat menjadi 88 %, sehingga terjadi peningkatan sebesar 16 %. Hal ini berarti juga terjadi penurunan jumlah siswa yang belum tuntas KKM yaitu dari siklus I sebesar 18% menjadi 12 %. Hal ini tentu saja menunjukkan bahwa penggunaan media VCD pembelajaran telah mampu menjadi tindakan yang dipilih untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman konsep IPA siswa kelas IV SDN Karangmojo III pada tahun ajaran 2011/2012. Kata kunci : VCD Pembelajaran, Motivasi, Pemahaman Konsep IPA

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: VCD Pembelajaran, Motivasi, Pemahaman Konsep IPA.
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 28 Nov 2012 01:23
Last Modified: 29 Jan 2019 17:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7835

Actions (login required)

View Item View Item