Pengembangan Instrumen Soft Skills Dasar Era Revolusi Industri Keempat Bagi Mahasiswa Calon Guru.

Mailool, Jefri and Retnowati, Trie Hartiti (2023) Pengembangan Instrumen Soft Skills Dasar Era Revolusi Industri Keempat Bagi Mahasiswa Calon Guru. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-jefri mailool-18701261002.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan instrumen soft skills dasar era revolusi industri keempat bagi mahasiswa calon guru, (2) menemukan kualitas instrumen soft skills dasar era revolusi industri keempat bagi mahasiswa calon guru, (3) menemukan profil hasil pengukuran soft skills dasar era revolusi industri keempat bagi mahasiswa calon guru, dan (4) menemukan keefektifan instrumen soft skills dasar era revolusi industri keempat bagi mahasiswa calon guru. Instrumen ini dikembangkan berdasarkan prosedur pengembangan yang mencakup: analisis kebutuhan dan konteks, penetapan tujuan pengembangan, peninjauan literatur yang relevan, penyusunan kisi-kisi instrumen, penyusunan draf instrumen, validasi ahli, uji coba dan revisi berdasarkan masukan pengguna, perakitan instrumen, pengukuran menggunakan instrumen, dan penafsiran hasil pengukuran. Teknik analisis data dalam penelitian ini melibatkan penggunaan formula Aiken, metode Confirmatory Factor Analysis (CFA), analisis konsistensi internal Alpha Croncbach, pendekatan Partial Credit Model (PCM), dan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini sebagai berikut. (1) Dihasilkan Instrumen Soft Skills Dasar Era Revolusi Industri Keempat (ISSD-RI4) yang terdiri atas 6 faktor (keterampilan beradaptasi, motivasi diri, kesadaran diri, rasa keingintahuan, keterampilan sosial, dan toleransi), 21 butir soal berbentuk kasus dan dilengkapi dengan panduan penerapannya. (2) Kualitas ISSD-RI4 dikategorikan baik yang dibuktikan dengan nilai indeks validitas isi yang melebihi 0,76, validitas konstruk dengan nilai loading factor yang melebihi 0,5, nilai koefisien Alpha Cronbach sebesar 0,93, nilai-nilai statistik yang mewakili kesesuaian model pengukuran menunjukkan adanya fit model (P-value = 0,10728; RMSEA = 0,029; CFI = 0,98; SRMR = 0,047; PNFI = 0,74), dan nilai estimasi kesulitan butir (item difficulty) yang dikategorikan baik (antara -0,81 hingga 1,20). (3) Profil hasil pengukuran menunjukkan 8,37% mahasiswa dengan kategori soft skills yang sangat tinggi, 18,60% mahasiswa dengan kategori soft skills yang tinggi, 45,12% mahasiswa dengan kategori soft skills sedang/menengah, 20,93 % mahasiswa dengan kategori soft skills yang rendah, dan 6,98% mahasiswa dengan kategori soft skills yang sangat rendah. (4) Hasil penilaian kepraktisan dan keefektifan ISSD-RI4 berdasarkan penilaian pengguna menunjukkan bahwa instrumen dikategorikan sangat praktis dan efektif, di mana rerata skor kepraktisan sebesar 3,70 dan rerata skor keefektifan sebesar 3,44.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: soft skills dasar, mahasiswa calon guru, revolusi industri keempat
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Jul 2023 07:23
Last Modified: 17 Jul 2023 07:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78252

Actions (login required)

View Item View Item