PENGARUH CARA BELAJAR DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 BANTUL TAHUN AJARAN 2011/2012

ESTI DWI, ROHMAWATI (2012) PENGARUH CARA BELAJAR DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 BANTUL TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1-08403241032.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1-08403241032.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2-08403241032.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5-08403241032.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN-08403241032.pdf

Download (250kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Cara Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Bantul Tahun Ajaran 2011/2012; (2) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Bantul Tahun Ajaran 2011/2012; (3) Pengaruh Cara Belajar dan Penggunaan Media Pembelajaran secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Bantul Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian kausal komparatif, populasi dalam penelitian ini berjumlah 118 siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Bantul Tahun Ajaran 2011/2012, sampel yang digunakan sejumlah 90 siswa. Teknik pengumpulan data dengan angket dan dokumentasi. Uji coba instrumen dilakukan kepada 28 responden. Uji validitas menggunakan rumus koefisien korelasi Product Moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolinieritas. Teknik analisis data terdiri dari analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Tingkat signifikansi hasil analisis ditentukan 5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Cara Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Bantul Tahun Ajaran 2011/2012 dengan ditunjukkan harga rx1y sebesar 0,587; r2 x1y sebesar 0,345; thitung lebih besar dari ttabel pada taraf signifikansi 5% (6,806 > 1,987) dan persamaan regresi sederhana Y = 0,508X1 + 48,107; (2) Penggunaan Media Pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Bantul Tahun Ajaran 2011/2012 dengan ditunjukkan harga rx2y sebesar 0,500; r2 x2y sebesar 0,250; thitung lebih besar dari ttabel pada taraf signifikansi 5% (5,420 > 1,987) dan persamaan regresi sederhana Y = 0,404X2 + 55,393; (3) Cara Belajar dan Penggunaan Media Pembelajaran secara bersamasama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Bantul Tahun Ajaran 2011/2012 dengan ditunjukkan harga Ry(1,2) sebesar 0,635; R2 y(1,2) sebesar 0,404; Fhitung lebih besar dari Ftabel pada taraf signifikansi 5% (29,461 > 3,101) dan persamaan regresi ganda Y = 0,398X1 + 0,225X2 + 42,190. Sumbangan Efektif (SE) sebesar 40,4% dimana sumbangan efektif dari Cara Belajar sebesar 25,97% dan Penggunaan Media Pembelajaran sebesar 14,43%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 28 Nov 2012 01:19
Last Modified: 29 Jan 2019 17:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7818

Actions (login required)

View Item View Item