Keefektifan Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran PKM Kelas XI Mesin di SMK PIRI Sleman

GUSTUS , TRICAHYO (2012) Keefektifan Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran PKM Kelas XI Mesin di SMK PIRI Sleman. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover-05503241026.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 -05503241026.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 -05503241026.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5-05503241026.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran -05503241026.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas. Penelitian menggunakan dua siklus, dalam setiap siklus meliputi tahap persiapan, observasi, implementasi tindakan, observasi dan interpretasi, dan refleksi. Tempat penelitian di Jurusan Teknik Mesin, SMK Piri Sleman. Obyek penelitian ini berupa meningkatkan minat belajar siswa khususnya pada pokok bahasan poros dan momen puntir. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data dilakukan melalui angket dan lembar observasi. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan teknik analisis deskriptif. Team Assisted Individualization (TAI) untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam mata diklat Perhitungan Konstruksi Mesin kelas XI Mesin di SMK Piri Sleman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam mata diklat Perhitungan Konstruksi Mesin kelas XI Mesin di STM Piri Sleman. Hasil penelitian ditandai dengan dengan peningkatan hasil observasi maupun isian angket yaitu hasil observasi aktivitas siswa meningkat dari 72,5% "baik" pada siklus I menjadi 75,8% "sangat baik" pada siklus II, hasil observasi minat belajar siswa meningkat dari 46.6% "cukup baik" pada siklus I menjadi 64,16% "baik" pada siklus II, dan hasil isian angket minat belajar siswa meningkat dari 64,3% :cukup berminat" sebelum tindakan menjadi 79% "berminat" pada akhir tindakan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Minat belajar, Team Assisted Individualization (TAI), Keefektifan
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Mesin > Pendidikan Teknik Mesin
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 28 Nov 2012 01:13
Last Modified: 29 Jan 2019 17:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7795

Actions (login required)

View Item View Item