HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD GUGUS PUSPITA KECAMATAN PURWOJATI KABUPATEN BANYUMAS

Nur Dwi, Purnama Sari (2012) HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD GUGUS PUSPITA KECAMATAN PURWOJATI KABUPATEN BANYUMAS. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover - 08108249137.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 - 08108249137.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 - 08108249137.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 - 08108249137.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran - 08108249137.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara minat belajar dengan prestasi belajar IPS siswa kelas V Sekolah Dasar se-gugus Puspita Kecamatan Purwojati Kabupaten Banyumas . Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif,dan jenis penelitian ini adalah korelasi. Lokasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah SD se-gugus Puspita Kecamatan Purwojati Kabupaten Banyumas. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Maret- Mei 2012. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD se-gugus Puspita Kecamatan Purwojati Kabupaten Banyumas, dengan populasi sebanyak 129 siswa, dengan pengambilan sampel menggunakan tehnik proposional random sampling diperoleh sampel sebanyak 95 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Angket digunakan untuk mengumpulkan data tentang minat belajar siswa, sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang prestasi belajar IPS. Uji validitas instrumen menggunakan rumus korelasi product momentdari pearson dan uji reabilitas menggunakan rumus koefisien alpha. Uji prasyarat analisis (teknik analisis data) menggunakan uji normalitas dan uji linieritas. Pengujian korelasi menggunakan korelasi product momentdari pearson. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan yang positif antara minat belajar dengan prestasi belajar IPS. Hal tersebut berdasarkan adanalisis data menunjukan bahwa r hitung > r tabel yaitu 0,496 > 0,202 dengan taraf signifikasi sebesar 5%. Hal ini menunjukan bahwa semakin tinggi minat belajar maka akan semakin tinggi pula prestasi belajar IPS siswa kelas V SD se- gugus Puspita Kecamatan Purwojati Kabupaten Banyumas.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: minat belajar, prestasi belajar, IPS
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 28 Nov 2012 01:10
Last Modified: 29 Jan 2019 17:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7781

Actions (login required)

View Item View Item