ENDANG, NOVALINA (2012) PENGGUNAAN MEDIA KARTU LAMBANG BILANGAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA ANAK AUTIS KELAS I SDLB DI SLB AUTISMA DIAN AMANAH NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
|
Text
cover - 08103249021.pdf Download (312kB) | Preview |
|
|
Text
bab 1 - 08103249021.pdf Download (38kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2 - 08103249021.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text
bab 5 - 08103249021.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text
lampiran - 08103249021.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan penggunaan media kartu lambang bilangan pada pembelajaran matematika anak autis di SLB Dian Amanah Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subjek penelitian adalah salah satu anak autis kelas 1 SDLB, yang berjumlah 1 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dengan metode triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan langkah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kartu lambang bilangan pada pembelajaran matematika menghitung himpunan 1 sampai 10 ditempuh langkah-langkah sebagai berikut: (a) guru meletakkan di atas meja kartu-kartu himpunan yang jumlah anggota himpunannya 1 sampai 10, dan kartu-kartu lambang bilangan 1 sampai 10. (b) anak diminta mengambil kartu himpunan gambar kelinci (sebagai contoh), (c) kemudian anak menghitung gambar kelinci, (d) anak mengambil kartu lambang bilangan yang sesuai dengan jumlah gambar kelinci. Penggunaan media kartu lambang bilangan pada pembelajaran matematika penjumlahan himpunan dengan hasil maksimal 10 ditempuh langkah-langkah sebagai berikut: (a) guru meletakkan 10 pensil dan kartu lambang bilangan 1 sampai 10 di atas meja, (b) guru menunjukkan kartu lambang bilangan 3 (sebagai contoh) dan bertanya “Ini angka berapa?” Anak menjawab “Angka 3”, (c) anak diminta untuk mengambil 3 pensil. (d) kemudian guru menunjukkan kartu lambang bilangan 4 (sebagai contoh) dan bertanya “Ini angka berapa?” Anak menjawab “Angka 4”, (e) anak diminta untuk mengambil 4 pensil. (f) anak diminta menggabungkan kedua kelompok pensil, (g) kemudian anak diminta menghitung pensil secara keseluruhan (g) guru bertanya “Ada berapa pensil semuanya?” Anak menjawab “Ada 7”. (h) kemudian anak diminta mengambil kartu lambang bilangan yang tertulis angka 7. Kata kunci: media kartu lambang bilangan, pembelajaran matematika, anak autis
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media kartu lambang bilangan, pembelajaran matematika, anak autis. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa Perpustakaan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa Perpustakaan |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 28 Nov 2012 01:02 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 17:12 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7759 |
Actions (login required)
View Item |