BORÈH SEBAGAI METODE PENGOBATAN TRADISIONAL JAWA DALAM MANUSKRIP JAWA SERAT PRIMBON RACIKAN JAMPI JAWI JILID II (KOLEKSI REKSAPUSTAKA MANGKUNEGARAN SALA)

Mulyani, Hesti and Widyastuti, Sri Harti and Ekowati, Venny Indria (2015) BORÈH SEBAGAI METODE PENGOBATAN TRADISIONAL JAWA DALAM MANUSKRIP JAWA SERAT PRIMBON RACIKAN JAMPI JAWI JILID II (KOLEKSI REKSAPUSTAKA MANGKUNEGARAN SALA). In: Konferensi Internasional Bahasa, Sastra, dan Budaya Daerah Indonesia, 26-28 Oktober 2015, Universitas Pendidikan Indonesia.

[img]
Preview
Text
C17_Artikel_Prosiding Boreh IKADBUDI.pdf - Accepted Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Makalah ini ditulis dengan tujuan untuk mendeskripsikan borèh sebagai pengobatan tradisional Jawa dalam Serat Primbon Racikan Jampi Jawi jilid II (SPRJJ II), yakni salah satu manuskrip Jawa koleksi Perpustakaan Reksapustaka Mangkunegaran Surakarta atau Sala. Deskripsi pengobatan tradisional Jawa dengan borèh meliputi deskripsi kemanfaatannya untuk menyegarkan dan menguatkan tubuh serta mengobati berbagai macam penyakit. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan filologi modern. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa metode pemberian pengobatan dengan borèh yang ditemukan dalam manuskrip Jawa tersebut adalah termasuk pengobatan medis. Pengobatan tradisional Jawa dengan metode borèh yang disebutkan dalam manuskrip Jawa SPRJJ II terdiri atas borèh untuk menyegarkan dan menguatkan badan dan menyembuhkan penyakit. Borèh untuk menyegarkan dan menguatkan badan yang teridentifikasi sebanyak9macam, yaitu: (1) saraban untuk anak,(2) agar dapat bangun pagi untuk anak muda, (3)badan terasa lesu, (4)menyegarkan badan,(5) agar badan berbau wangi, (6)setelah melahirkan, (7)agar gemuk untuk anak, (8)untuk orang tua dan anak muda, dan (9) setelah sakit.Borèh untuk menyembuhkanpenyakit yang ditemukan teridentifikasi sebanyak 7macam, yaitu: (1) sakit badan,(2) kedinginan dan panas-dingin, (3) tidak dapat tidur, (4) pegal-linu,(5) masuk angin, (6) badan bengkak, dan (7) korengan. Kata Kunci: borèh, Serat Primbon Racikan Jampi Jawi jilid II

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: boreh, manuskrip, Mangkunegaran, metode, pengobatan, tradisional
Subjects: Bahasa dan Sastra
Bahasa dan Sastra > Bahasa Jawa > Filologi Jawa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Daerah
Depositing User: Venny Ekowati
Date Deposited: 10 Apr 2023 11:54
Last Modified: 24 Apr 2023 04:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77466

Actions (login required)

View Item View Item