PENGARUH PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X DI SMAN 3 YOGYAKARTA

ANDITA FAIZATUL, BACHRINTANIA (2012) PENGARUH PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X DI SMAN 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover - 07404241031.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 - 07404241031.pdf

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 - 07404241031.pdf

Download (745kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 - 07404241031.pdf

Download (542kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran - 07404241031.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. pengaruh pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi terhadap motivasi belajar siswa; 2. pengaruh pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi terhadap prestasi belajar siswa; 3. pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa; 4. pengaruh pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi terhadap prestasi belajar melalui motivasi. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Subjek penelitian ini adalah 95 siswa kelas X SMAN 3 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan teknik simple random sampling. Teknik analisis menggunakan analisis jalur (Path Analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan: 1. terdapat pengaruh positif dan signifikan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi terhadap motivasi belajar siswa dengan nilai R sebesar 0,522 dan p=0,001 (p<0,05); 2. terdapat pengaruh positif dan signifikan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai koefisien jalur (R) sebesar 0,169 dan taraf signifikansi (p)=0,018 (p<0,05); 3. terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi siswa dengan nilai R sebesar 0,719 dan p=0,001 (p<0,05); 4. ada pengaruh positif dan signifikan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi terhadap prestasi belajar ekonomi siswa melalui motivasi belajar sebesar 0,375. Kata kunci: pemanfaatan TIK, motivasi belajar, prestasi belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pemanfaatan TIK, motivasi belajar, prestasi belajar
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Ekonomi
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 27 Nov 2012 03:55
Last Modified: 29 Jan 2019 17:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7676

Actions (login required)

View Item View Item