AHMAD NUR, FAUZI (2012) UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5 FASE PADA MATA PELAJARAN LISTRIK OTOMOTIF. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
|
Text
cover -10504242003.pdf Download (783kB) | Preview |
|
|
Text
bab 1 -10504242003.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2 -10504242003.pdf Download (237kB) | Preview |
|
|
Text
bab 5 -10504242003.pdf Download (317kB) | Preview |
|
|
Text
lampiran -10504242003.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk dapat merencanakan pembelajaran model Learning Cycle 5 fase pada mata pelajaran listrik otomotif, 2) Untuk dapat meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran listrik otomotif dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5 fase, 3) Untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran listrik otomotif dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5 fase. Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas XI TKA SMK Muhammadiyah Prambanan. Tindakan yang dilakukan pada penelitian ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran Learning Cycle 5 fase. Tahapan-tahapan pembelajaran terdiri dari fase engagement, exploration, explain, extend, dan evaluate. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, siklus I dilakukan kompetensi sistem pengisian, sedangkan siklus II dilakukan pada kompetensi sistem starter. Data penelitian ini meliputi partisipasi siswa dan hasil tes kemampuan. Teknik pengumpulan data partisipasi siswa dengan observasi langsung oleh observer dan data kemampuan koqnitif siswa dilakukan melalui tes yang berupa soal tes obyektif. Data dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan persentase. Penerapan metode pembelajaran Learning Cycle 5 fase dapat meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa. Pada siklus I capaian rata-rata partisipasi sebesar 43,70% sedangkan pada siklus II sebesar 60,64%,jadi partisipasi tersebut meningkat sebesar 16,94%. Pencapaian partisipasi tertinggi yaitu aspek memperhatikan pelajaran dan capaian terendah yaitu menanggapi pendapat. Peningkatan hasil belajar tersebut dapat dilihat dari hasil belajar tiap-tiap siklus. Pada siklus 1 rata-rata kelas sebesar 74,90 sedangkan pada siklus 2 rata-rata kelas sebesar 79,79 dengan demikian peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 6,52%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar,Learning Cycle, Partisipasi |
Subjects: | Perpustakaan Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif Perpustakaan |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 27 Nov 2012 02:58 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 17:08 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7642 |
Actions (login required)
View Item |