Model Pembelajaran Experiential and Joyful Learning-Marine edutourism untuk Meningkatkan Literasi Lingkungan Aspek Analisis Isu dan Disposisi Lingkungan Peserta Didik SMA.

Hayati, Riza Sativani and Suryadarma, IGP (2022) Model Pembelajaran Experiential and Joyful Learning-Marine edutourism untuk Meningkatkan Literasi Lingkungan Aspek Analisis Isu dan Disposisi Lingkungan Peserta Didik SMA. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-riza sativani hayati-19703261008.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) menghasilkan model pembelajaran Experiential and Joyful Learning-Marine edutourism (EJoy-ME) yang efektif untuk meningkatkan literasi lingkungan aspek analisis isu dan disposisi lingkungan, (2) menunjukkan kelayakan model pembelajaran EJoy-ME yang dihasilkan, (3) menunjukkan kepraktisan model pembelajaran EJoy-ME tersebut, dan (4) mengetahui keefektifan model pembelajaran EJoy-ME tersebut dalam peningkatan literasi lingkungan aspek analisis isu dan disposisi lingkungan peserta didik SMA Kelas X. Penelitian ini merupakan design and developmental research, yang meliputi enam fase berdasarkan J. Ellis dan Levy, yaitu: (1) identifikasi masalah, (2) mendeskripsikan tujuan, (3) mendesain dan mengembangkan model dan produk pendukung, (4) uji coba, (5) evaluasi hasil uji coba, dan (6) diseminasi hasil. Model dikembangkan dengan mengangkat potensi lokal Taman Nasional Wakatobi. Validasi model dan perangkat implementasi model dilakukan oleh review ahli, review praktisi, dan uji coba ke pengguna/peserta didik. Subjek uji coba adalah peserta didik SMA Kelas X. Uji coba dilakukan dengan membandingkan model EJoy-ME dengan Problem-Based Learning (PBL) melalui pretest-postest group design. Data hasil pengukuran literasi lingkungan dianalisis menggunakan gain score dan uji MANOVA. Kelayakan produk, kepraktisan, dan keterlaksanaan dinilai oleh guru biologi dan observer uji coba. Data hasil penilaian kelayakan produk dianalisis secara deskriptif kualitatif. Model pembelajaran EJoy-ME mampu memanfaatkan potensi lokal Taman Nasional Wakatobi sebagai sumber belajar lingkungan. Model EJoy-ME diterapkan sebagai pendidikan lingkungan dengan karakteristik: (1) diintegrasikan dalam mata pelajaran biologi SMA; (2) outdoor di kawasan ekosistem laut TN Wakatobi; (3) mempelajari ekosistem laut dan konservasinya: mangrove, lamun, pantai, terumbu karang, budidaya rumput laut, dan kearifan lokal Suku Bajo; (4) berbasis experiential dan joyful learning dengan sintaks: leisure, experiencing, reflecting, processing, generalizing, dan testing in new situation. Poduk pendukung EJoy-ME berupa buku model, RPP, buku guru, LKPD, buku materi, dan LMS, yang dinilai sangat baik oleh peserta didik, guru, dan observer, sehingga layak untuk digunakan. Hasil penilaian praktis/guru menunjukkan bahwa model EJoy-ME sangat praktis dan tanggapan peserta didik juga sangat baik. Nilai signifikansi dari uji MANOVA 0,001 < 0,05, sehingga terdapat perbedaan peningkatan literasi lingkungan aspek analisis isu dan disposisi lingkungan pada kelas EJoy-ME dan PBL. Selanjutnya mean pada gain score membuktikan model EJoy-ME lebih baik dibandingkan PBL, sehingga EJoy-ME disimpulkan efektif dalam meningkatkan literasi lingkungan aspek analisis isu dan disposisi lingkungan.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: experiential and joyful learning, marine edutourism, pendidikan lingkungan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Oct 2022 08:09
Last Modified: 10 Oct 2022 08:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74604

Actions (login required)

View Item View Item