PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BELADIRI BERBASIS SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN APLIKATIF SISWA SMP

Cahyati, Suci and Wawan S. Suherman, Prof. M.Ed. and Sumaryanto, Prof. M.Kes (2021) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BELADIRI BERBASIS SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN APLIKATIF SISWA SMP. S3 thesis, Pascasarjana UNY.

[img] Text
pra isi.docx

Download (490kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (18kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (106kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Registered users only

Download (822kB) | Request a copy
[img] Text
V.docx

Download (10kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (10kB)
[img] Text
lampiran.docx

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran beladiri berbasis simulasi untuk meningkatkan keterampilan aplikatif siswa SMP yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan desain yang diadaptasi dari penelitian dan pengembangan Borg & Gall. Prosedur pengembangan terdiri dari sepuluh langkah. (1) Pengumpulan informasi; (2) perancangan model; (3) pengembangan desain pembelajaran; (4) uji ahli; (5) revisi produk awal; (6) uji coba terbatas; (7) revisi produk terbatas; (8) uji operasional; (9) revisi produk akhir; (10) produk akhir dan diseminasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes hasil belajar. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji-t, dan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan kualitas produk hasil validasi ahli termasuk “sangat baik” dengan rerata skor sebesar 4,69. Respon guru dan siswa terhadap model pembelajaran beladiri berbasis simulasi termasuk kriteria “sangat praktis” dengan persentase sebesar 91,76%. Hasil uji coba terbatas menunjukkan adanya peningkatan nilai post test pengetahuan dan keterampilan. Hasil uji operasional menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran beladiri berbasis simulasi terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran beladiri berbasis simulasi untuk meningkatkan keterampilan aplikatif siswa SMP telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran, beladiri, simulasi, aplikatif
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Suci Cahyati 17703261001
Date Deposited: 12 Jan 2022 00:50
Last Modified: 12 Jan 2022 00:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71794

Actions (login required)

View Item View Item